Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Turun, Samsung "Salahkan" Galaxy dan Bonus Karyawan

Kompas.com - 08/01/2014, 13:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reuters


KOMPAS.com — Samsung membocorkan laporan keuangan perusahaan kuartal empat 2013. Dalam laporan tersebut, Samsung mengatakan bahwa pada periode Oktober-Desember 2013 keuntungan perusahaan ternyata mengalami penurunan.

Reuters memberitakan, Senin (6/1/2014), bahwa laba yang diperoleh Samsung pada akhir tahun turun sebesar 18 persen, menjadi sekitar 7,8 miliar dollar AS dibanding kuartal sebelumnya.

Samsung mengatakan, turunnya pendapatan ialah karena lesunya penjualan smartphone Galaxy pada musim libur akhir tahun.

Selain itu, Reuters juga mengungkap bahwa insentif yang diberikan Samsung kepada para karyawannya bertepatan dengan ulang tahun ke-20 perusahaan juga turut andil dalam mengurangi pendapatan.

Samsung kini juga bersiap menghadapi kenyataan bahwa mereka akan mendapatkan nilai keuntungan terendah semenjak mulai memasarkan perangkat mobile pada 2007. Sementara rivalnya, Apple, mulai menantang dominasi Samsung di China yang nilai pasarnya diprediksi mencapai 80 miliar dollar AS.

Posisi Samsung juga diprediksi akan makin terjepit saat pertengahan Januari ini karena Apple mulai memasarkan smartphone-nya melalui China Mobile Ltd, perusahaan yang selama ini telah menangani penjualan Samsung semenjak 2011.

Analis juga meramalkan pendapatan Samsung akan turun tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, pada kuartal empat 2012, Samsung berhasil membukukan profit sebesar 8,27 miliar dollar AS.

Namun, bagaimanapun juga, walaupun menurun, Samsung tetap mampu membukukan keuntungan. Laporan penuh dari semua divisi Samsung akan dikeluarkan akhir bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com