Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Galaxy Note Pro di CES 2014

Kompas.com - 09/01/2014, 09:55 WIB
Deliusno

Penulis

LAS VEGAS, KOMPAS.com - Seperti yang telah diduga sebelumnya, Samsung akhirnya merilis tablet berlayar jumbo, Galaxy Note Pro dan Galaxy Tab Pro, di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2014, Senin (6/1/2013). Keduanya hadir dengan pilihan bentang layar 12.2 inci.

Layar tersebut dapat dikatakan jumbo karena berukuran lebih besar dari tablet yang ada di pasar saat ini. Pada umumnya, tablet yang ada berukuran antara 7 hingga 10 inci.

Samsung sendiri telah memamerkan tablet Galaxy Note Pro dan Galaxy Tab Pro di ajang CES 2014. KompasTekno berkesempatan untuk uji singkat salah satu dari kedua produk ini, yaitu Galaxy Note Pro.

Deliusno/Kompas.com
Galaxy Note Pro
Mengusung nama "Note", tablet yang satu ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan saudara-saudaranya, seperti Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 10.1 edisi 2014. Di bagian depan, pengguna akan dihadapkan dengan cangkang berbahan plastik. Sementara, di bagian belakang, Samsung melengkapinya dengan lapisan bertekstur seperti kulit.

Deliusno/Kompas.com
Bagian belakang Galaxy Note Pro menggunakan tekstur seperti bahan kulit
Perangkat ini terasa cukup berat. Setelah dicari tahu, diketahui bahwa produk ini memiliki bobot 753 gram, sedikit lebih berat dibandingkan saudara terdekatnya, Galaxy Note 10.1 inci edisi 2014 dengan 547 gram.

Tidak hanya layar, perusahaan asal Korea Selatan ini juga menambah resolusi dari perangkat ini. Galaxy Note Pro mendukung resolusi 2.560 x 1.600 piksel dengan tingkat kerapatan 247 piksel per inch. Dengan dukungan resolusi tersebut, tidak aneh apabila perangkat ini mampu menampilkan gambar dengan sangat tajam.

Deliusno/Kompas.com
Galaxy Note Pro memiliki layar yang cukup lebar, mengetik menggunakan keyboard virtual pun akan terasa nyaman
Sama dengan Galaxy Note 10.1 edisi 2014, Galaxy Note Pro akan lebih optimal digunakan dalam posisi landscape. Pengguna bisa saja menegakkan posisi tablet atau vertikal, tetapi pengunaan produk ini sedikit terasa kurang nyaman.

Di bagian muka tablet, tepat di bawah layar, pengguna akan menemukan tiga buah tombol. Tombol paling kiri berguna untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Tombol tengah digunakan untuk ke layar Home. Sedangkan, tombol terakhir, atau yang paling kanan, memiliki fungsi "Back".

Deliusno/Kompas.com
Tiga tombol di Galaxy Note Pro
Di sisi bagian kiri, pengguna akan menemukan slot audio 3.5 mm dan sebuah speaker. Di bagian kanan, terdapat slot SIM Card (khusus untuk versi LTE), microSD, speaker, dan sebuah slot berisikan S Pen, stylus digital yang selalu menemani perangkat seri Note.

Deliusno/Kompas.com
Bagian kanan Galaxy Note Pro
Pada bagian atas, terdapat tombol volume dan tombol power. Di bagian bawah, terdapat slot power, port untuk mengisi daya.

Dari segi spesifikasi, Galaxy Note Pro versi LTE menggunakan prosesor Snapdragon 800 2,3 GHz quad-core dari Qualcomm, RAM 3 GB, dan baterai sebesar 9,500 mAh. Dengan hardware seperti itu, tidak aneh apabila perangkat ini dapat berlari kencang, tanpa ada lag yang terlalu berarti.

Dari segi kamera, perangkat ini dilengkapi dengan kamera belakang sebesar 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel. Perangkat ini berjalan di sistem operasi tebaru Android, 4.4 KitKat.

Samsung sendiri masih belum mengumumkan, kapan Galaxy Note Pro akan hadir di pasar. Harganya juga masih belum dibeberkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com