Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Belanja Aplikasi Pengguna Gadget Apple Capai Rp 120 Triliun

Kompas.com - 09/01/2014, 11:25 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ZDNet

KOMPAS.com - Apple mengklaim konsumennya telah menghabiskan sebanyak 10 miliar dollar AS (sekitar Rp 120 triliun) untuk berbelanja di App Store selama 2013.

Angka tersebut termasuk jumlah 1 miliar dollar AS yang dihabiskan pengguna hanya pada bulan Desember saja.

Dalam siaran pers di situs resminya, Apple juga mengklaim bahwa hampir 3 miliar aplikasi telah diunduh pengguna App Store di bulan Desember. Hal tersebut menjadikan pencapaian tersukses App Store sepanjang sejarahnya.

"Kami sangat berterimakasih kepada konsumen karena menjadikan tahun 2013 sebagai tahun terbaik bagi App Store," ujar Eddy Cue, Senior Vice President Apple.

"Aplikasi yang ada selama musim liburan sangat mengagumkan dan kami menunggu apa yang akan dilakukan para pengembang di 2014," imbuhnya.

Apple mengatakan bahwa dengan diluncurkannya iOS 7, maka pengembang bisa membuat beragam aplikasi yang lebih menarik dengan memanfaatkan antarmuka yang didesain ulang, serta lebih dari 200 fitur dan API baru.

Dikutip dari ZDNet, Senin (6/1/2014), App Store milik Apple tetap menjadi elemen kesuksesan Apple untuk ekosistem tablet dan smartphonenya. Jumlah aplikasi yang dirilis untuk perangkat iOS juga semakin bertambah.

Apple mengklaim saat ini memiliki satu juta aplikasi untuk iPhone, iPad, dan iPod, serta 500.000 aplikasi native untuk iPad. Konsumen yang bisa mengakses App Store telah mencapai hingga 155 negara.

Namun pertumbuhan aplikasi dalam iOS mendapat persaingan dari Google Android dan Amazon. Walau begitu, App Store masih bisa mengungguli keduanya karena menurut riset yang dilakukan Distimo pada November tahun lalu, keuntungan Apple App Store meningkat 63 persen dibanding Google Play Store yang hanya 37 persen.

Analis mengatakan bahwa nilai jual utama App Store adalah aplikasi terbaik itu selalu dimiliki Apple dan dirilis pertama kali hanya untuk iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ZDNet
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com