Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Game PS Bakal Bisa di Android

Kompas.com - 11/01/2014, 19:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Di masa depan, Sony ingin lebih banyak lagi gamer yang memainkan game PlayStation di rumah-rumah. Sony ingin game-game tersebut bisa dimainkan siapa saja, bahkan mereka yang tidak memiliki konsol PlayStation. Bagaimana caranya?

Sony akan meluncurkan layanan PlayStation Now, layanan ini memanfaatkan teknologi cloud gaming untuk menghadirkan game PS3 ke beragam perangkat, termasuk PS4, PS3, PlayStation Vita, dan TV Bravia mulai keluaran 2014.

Layanan baru Sony tersebut diperkenalkan oleh Andrew House, President and Group CEO Sony Computer Entertainment di kesempatan pidatonya di ajang CES 2014, di Las Vegas, Nevada.

Selain itu, Sony juga berambisi membawa game PlayStation untuk perangkat-perangkat non-Sony, tanpa terkecuali smartphone dan tablet Android.

Konsep yang dipakai PlayStation Now ini mirip dengan Steam. Game ditaruh di komputasi awan dan pengguna hanya membutuhkan koneksi yang cukup untuk menjalankannya di perangkat mobile Android mereka. Tablet dan smartphone Android belakangan didesain semakin kencang dan bertenaga, inilah yang diincar oleh Sony.

Game-game yang ditaruh di cloud oleh Sony ini juga termasuk game-game klasik dari konsol PlayStation 2. Sehingga bagi yang ingin bernostalgia memainkan game lawas, akan bisa melakukan streaming melalui konsol mereka.

Menurut Android Authority (7/1/2014), layanan PlayStation Now Beta akan diperkenalkan di Amerika Serikat (AS) terlebih dahulu di akhir Januari ini. Layanan tersebut juga baru terbatas untuk konsol dan TV Sony.

Secara resmi, Sony baru akan meluncurkan PlayStation Now pada pertengahan tahun 2014, juga terbatas pada konsumen di AS. Gamer akan diminta untuk berlangganan atau menyewa layanan berupa game, termasuk menyimpan progress-nya, dukungan multiplayer, trophi, dan layanan messaging.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com