Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Kembali Dikerjai Hacker

Kompas.com - 13/01/2014, 16:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Baru sepuluh hari semenjak jejaring komunikasi Skype milik Microsoft diretas oleh kelompok yang menamakan diri Tentara Elektronik Suriah awal Januari lalu, grup peretas (hacker) yang sama kembali mengerjai raksasa elektronik tersebut.

Kali ini, Mashable melaporkan bahwa yang menjadi korban adalah akun Twitter Microsoft News (@MSFTnews), Xbox (@XboxSupport) dan situs beralamat http://blogs.technet.com/b/microsoft_blog yang mengklaim sebagai "blog resmi" Microsoft.

Pada waktu serangan tanggal 11 Januari lalu, akun Twitter Microsoft News yang dibajak mengunggah tweet berbunyi "Jangan pakai e-mail Microsoft (hotmail, outlook), mereka memantau akun Anda dan menjual datanya ke pemerintah."

Para hacker juga menyingkap kedok mereka dengan berkicau "Tentara Elektronik Suriah pernah singgah di sini," lengkap dengan kabar bendera suriah yang tersusun dari angka biner.

Adapun para pengunjung situs blogs.technet.com/b/microsoft_blog sempat dialihkan ke laman grup hacker Tentara Elektronik Suriah selama kurang lebih satu jam sebelum situs web yang bersangkutan kembali beroperasi secara normal.

Tentara Elektronik Suriah disinyalir sebagai grup pendukung presiden Suriah Bashar al-Assad. Sebelumnya, kelompok ini pernah membobol akun Facebook dan Twitter milik Skype.

Kepada Business Insider, juru bicara Microsoft menyatakan pihaknya telah mengetahui perihal serangan yang berdampak pada akun Twitter Microsoft News dan Xbox Support. Kedua akun tersebut telah di-reset dan tak ada data pengguna yang diambil oleh peretas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com