Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Sebar Isi E-mail Karyawan Microsoft

Kompas.com - 16/01/2014, 12:30 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Kelompok yang menamakan dirinya Syrian Electronic Army kembali berulah. Setelah membajak akun Twitter milik Xbox dan Microsoft, kini giliran e-mail karyawan Microsoft yang dikerjai.

Microsoft mengonfirmasi bahwa sebagian akun e-mail karyawannya telah diretas oleh kelompok tersebut pada Rabu (15/1/2014), seperti dilaporkan The Verge.

E-mail karyawan tersebut setelah diretas kemudian diambil screenshot-nya dan dipajang di Internet (lihat gambar di bawah). Microsoft menduga e-mail tersebut disadap dari akun Outlook Web Access milik karyawannya.

Dalam e-mail tersebut, terlihat karyawan Microsoft yang sedang membicarakan tentang langkah perusahaan menghadapi akun Twitter perusahaan yang dibobol.


Isi e-mail karyawan Microsoft yang dibobol peretas Suriah.
"Metode social engineering cyber attack atau dikenal dengan phishing telah terjadi pada akun e-mail dan sosial media beberapa karyawan Microsoft," terang juru bicara Microsoft.

Akun tersebut kini telah di-reset dan Microsoft mengklaim tidak ada informasi penting yang bocor. Microsoft menduga serangan tersebut bisa dilakukan karena dengan memanfaatkan backdoor dari situs www.bit.ly.

Tidak jelas berapa akun e-mail yang berhasil dibobol Syrian Electronic Army, namun yang pasti masih akan ada lagi serangan-serangan berikutnya.

Serangan tersebut disebut kelompok peretas tersebut sebagai pengalih perhatian. "Kami hanya membuat pengalih perhatian bagi karyawan Microsoft agar tujuan utama kami tercapai," ujar SEA kepada The Verge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com