Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Megapiksel, iPhone 6 Pilih "Damai"

Kompas.com - 16/01/2014, 14:49 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Kamera pada iPhone 5S dibekali flash dengan dua warna berbeda

KOMPAS.com - Di saat pabrikan smartphone lain sibuk "perang megapiksel" alias meningkatkan resolusi kamera pada perangkat masing-masing hingga mencapai puluhan megapiksel, Apple tetap "setia" dengan angka 8 megapixel pada dua ponsel terbaru iPhone 5S dan 5C.

Menurut kabar yang dilansir oleh BGR, ada kemungkinan resolusi kamera yang telah muncul sejak iPhone 4S tersebut akan kembali dipertahankan pada smartphone Apple generasi selanjutnya, iPhone 6.

Informasi itu datang dari The China Post, yang mengutip prediksi analis dari Nomura Securities bahwa iPhone 6 tak akan mengusung kamera 13 atau 16 megapiksel seperti yang dirumorkan sebelum ini, melainkan bertahan dengan angka 8 megapiksel.

Alih-alih meningkatkan resolusi, Apple disinyalir akan meningkatkan kualitas kamera iPhone 6 dengan menambahkan optis image stabilizer  untuk meredam "goyangan" saat mengambil foto.

Apple diperkirakan tidak mau menaikkan resolusi kamera karena ingin mempertahankan rancangan iPhone yang sangat portable.

Meski sama-sama mengusung angka 8 megapixel, kamera pada iPhone 4S, iPhone 5, dan iPhone 5S sebenarnya telah mengalami peningkatan kualitas pada tiap generasi, di samping menerapkan perubahan fisik yang tak terlihat oleh pengguna.

Sensor foto pada iPhone 5S misalnya, berukuran 15 persen lebih besar dibanding milik iPhone 5 sehingga diklaim mampu menghasilkan tangkapan gambar yang lebih baik. Ada pula LED flash dua warna pada iPhone 5S untuk menyeimbangkan warna dengan cahaya dari lingkungan sekitar.

Di sisi lain, para kompetitor Apple juga tidak tinggal diam. Nokia mengandalkan kamera dengan resolusi 41 megapixel pada Lumia 1020, sementara Samsung kabarnya bakal menanam unit 16 megapixel dengan teknologi kamera baru pada Galaxy S5. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com