Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Semua Aplikasi Android Bisa Jalan di BlackBerry

Kompas.com - 18/01/2014, 18:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - BlackBerry sedang getol menggaet lebih banyak pengguna layanan dan ponselnya. Sebelumnya, BlackBerry membuat aplikasi messaging BlackBerry Messenger bisa digunakan oleh pengguna Android dan iOS.

Kini, BlackBerry menyiapkan langkah yang mungkin terbilang radikal, mengingat tradisi BlackBerry selama ini yang terbilang tertutup.

Dalam OS BlackBerry update terbarunya nanti, 10.2.1, perusahaan yang berbasis di Kanada tersebut akan memberikan dukungan penuh terhadap aplikasi Android dalam smartphone-nya.

Dengan update tersebut, maka file APK dan aplikasi native Android apa saja bisa dijalankan dalam sistem operasi BlackBerry. Demikian dikutip dari situs Cnet, Sabtu (18/1/2014).

BlackBerry juga telah mendorong para developer Android untuk meng-upload aplikasi buatan mereka ke toko aplikasi BlackBerry World. Langkah ini dilakukan guna memastikan ekosistem BlackBerry didukung oleh banyak aplikasi.

Dilansir Good Reader, perusahaan-perusahaan game dan aplikasi populer mengaku telah didekati oleh BlackBerry untuk menyertakan aplikasi mereka ke BlackBerry World. Sebelumnya, BlackBerry hanya menerima aplikasi yang dibuat sesuai dengan format mereka sendiri.

BlackBerry sangat bergantung pada update 10.2.1 yang memungkinkan aplikasi Android bisa berjalan dalam smartphone BlackBerry Q5, Q10, Z10, dan Z30. Update tersebut memungkinkan penggunanya meng-install apa saja tanpa batasan.

Belum ada kabar kapan BlackBerry akan merilis update terbaru ini, namun beberapa perusahaan dikabarkan telah selesai memindahkan aplikasinya ke BlackBerry World.

Ada indikasi yang menunjukkan bahwa BlackBerry masih menunggu setidaknya terdapat 10.000 aplikasi Android dalam BlackBerry World sebelum mereka mulai melakukan pemasaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com