Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tegra K1, Prosesor Mobile Tercepat Saat Ini?

Kompas.com - 19/01/2014, 19:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan pada CES 2014 di Las Vegas minggu lalu, chip mobile terbaru Nvidia, Tegra K1, ternyata menyimpan potensi menjanjikan. Prosesor ini bahkan mampu mengalahkan kinerja dua chip mobile teratas dari produsen lainnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 800 dan Apple A7.

Setidaknya itulah kesan yang didapatkan situs Tom's  Hardware melalui pengujian awal terhadap Nvidia Tegra K1. Berdasarkan benchmark dengan sejumlah software, disimpulkan bahwa Tegra K1 lebih berkinerja dibanding lawan-lawannya saat ini.

Tegra K1 dipersenjatai empat buah core ARM Cortex A15 dan sebuah core "pendamping" yang berkecepatan rendah untuk menjalankan tugas-tugas ringan. GPU prosesor ini memiliki 192 buah inti (CUDA core) yang diambil dari seri kartu grafis "Kepler".

Tom's Hardware Hasil benchmark 3DMark Ice Storm Tegra K1 oleh Tom's Hardware

Tom's mengadu Tegra K1 yang tertanam di televisi pintar 4K  Lenovo Thinkvision 28 dengan Apple A7 di smartphone iPhone 5S, Qualcomm Snapdragon 800 di Google Nexus 5, dan Nvidia Tegra 4 di tablet EVGA Tegra Note 7.

Hasilnya, Tegta K1 tampil di urutan terdepan dengan hasil hingga 25 persen lebih baik dibanding pesaingnya pada pengujian 3DMark yang membebani GPU dan CPU. Bahkan, Tom's juga menyebutkan bahwa Tegra K1 mampu "menghadirkan detail di konten yang sebelumnya hanya bisa disajikan oleh PC dan konsol game".

Menariknya, Tegra K1 yang diuji oleh situs tersebut adalah versi underclocked yang berjalan dengan kecepatan lebih rendah dari spesifikasi yang ditetapkan oleh Nvidia. Diperkirakan versi standar dan versi 64 bit (dengan kode nama "Denver") dari Tegra K1 yang akan menyusul diluncurkan bakal memiliki kinerja lebih tinggi lagi.

Tom's Hardware Benchmark Kishonti GFXBench v2.7 Tegra K1 oleh Tom's Hardware
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com