Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaus Kaki, Pizza, dan Transaksi Bitcoin

Kompas.com - 19/01/2014, 19:52 WIB
Namira Daufina

Penulis

KOMPAS.com — Beberapa orang mungkin masih asing dengan bitcoin karena ketiadaan bentuk riil dan cara kerja yang mengandalkan software dan koneksi internet dari mata uang digital itu.

Para pengguna awal memanfaatkan bitcoin dengan berbagai rupa. Beberapa di antaranya sudah menjadi kisah "legendaris" di kalang penggiat bitcoin.

Dari Pizza ke Kaus Kaki

Gavin Andresen, misalnya, adalah seorang pengembang kode di New England. Di masa awal bitcoin, ia membeli 10.000 bitcoin dengan nilai 50 dollar AS. Kemudian, melalui situs Bitcoin Faucet, Andresen membagi-bagikan bitcoin.

Laszlo Hanyecz, programer asal Florida, melakukan sebuah transaksi yang dipercaya sebagai transaksi fisik pertama bitcoin. Ia menggunakan 10.000 bitcoin untuk membeli pizza.

Apa yang dilakukan Hanyecz cukup rumit. Ia mengirimkan bitcoin ke seorang relawan di Inggris, yang kemudian memesan pizza untuk Hanyecz dan membayarnya lewat kartu kredit.

Salah satu benda pertama yang sungguh-sungguh bisa dibeli lewat bitcoin adalah kaus kaki. Ini dilakukan oleh David Forster, seorang pemilik lahan pertanian, yang menerima bitcoin untuk penjualan kaus kaki Alpaca (hewan yang bulunya bisa dijadikan kain).

Untungnya bagi pengguna saat ini, ekosistem bitcoin sudah tidak serumit masa-masa awalnya. Saat ini pemanfaatan bitcoin terbilang mudah di sisi pengguna, meskipun tetap mengandalkan kriptografi yang rumit di belakangnya.

Dompet bitcoin

Pengguna dapat memulai menggunakan Bitcoin dengan memasang dompet digital di komputer, perangkat mobile atau lewat layanan berbasis web (cloud). Jika dompet digital sudah terpasang, maka dompet ini akan menjadi alamat transaksi bitcoin pengguna.

Sederhananya, cara kerja bitcoin dengan dompetnya ini sangat mirip dengan cara kerja e-mail biasa. Maksudnya, pengiriman bitcoin dilakukan ibaratnya mengirimkan e-mail.

Untuk mengisi dompet bitcoin, pengguna internet bisa memanfaatkan layanan mirip money changer yang menyediakan jasa penukaran bitcoin ke dan dari mata uang lain. Misalnya, penukaran bitcoin ke dollar.

"Block Chain"

Sebuah block chain (rantai-blok) ibaratnya sebuah buku besar keuangan. Semua transaksi menggunakan bitcoin di seluruh dunia akan tercatat di sini.

Guna dari rantai-blok adalah untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang terjadi memang benar-benar memakai bitcoin yang dimiliki pembeli/pengirim. Integritas dan urutan kronologi rantai-blok ini diperkuat dengan kriptografi untuk mencegah manipulasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com