Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Bayar Produsen Tablet Agar Pakai Prosesornya

Kompas.com - 21/01/2014, 09:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Prosesor Intel dengan kode nama Bay Trail, dibangun dengan teknologi fabrikasi 22 nano meter (nm)

KOMPAS.com - Prosesor "Bay Trail" terbaru dari Intel telah mulai memasuki pasaran dalam bentuk tablet Windows. Mulai kuartal-II 2014, tablet Android yang menggunakan chip tersebut akan menyusul dirilis.

Intel sedang giat berusaha untuk mengejar volume tablet pada 2014, yang ditargetkan sebesar empat kali lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Tapi Bay Trail bukan satu-satunya upaya Intel untuk menjadi pemain terbesar di segmen tablet.

Raksasa chip ini juga akan mengusahakan sesuatu yang disebut "contra revenue" atau kontra pendapatan. Sebagaimana dilaporkan Cnet, istilah yang kurang umum itu tak lain berarti bahwa Intel bakal membayar para produsen tablet untuk memakai chip Bay Trail buatannya.

Intel
Intel mendiskusikan strategi

"Mengadakan program untuk memberi insentif bagi pelanggan dan mendorong pasar untuk produk-produk bukanlah sesuatu yang tidak biasa bagi kami. Sudah jelas pula bahwa kami ingin menumbuhkan pangsa pasar tablet," tulis Intel dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan kali pertama Intel memberikan "insentif" pada para rekanannya. Kembali ke 2011, perusahaan itu mencanangkan program Ultrabook Fund berbiaya 300 juta dollar AS yang bertujuan mendorong perkembangan kategori laptop tipis Ultrabook.

Bay Trail kini sudah dapat ditemukan di tablet Windows 8.1 yang berjalan dalam mode 32-bit. Nantinya, Bay Trail bisa menjalankan OS tersebut dalam mode 64-bit. Intel juga telah selesai mengembangkan kernel Android 64-bit untuk dijalankan produk berbasis chip ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com