Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Akan Kedatangan Mesin Beli Bitcoin

Kompas.com - 26/01/2014, 09:57 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ZDNet
KOMPAS.com — Sao Paulo akan menjadi kota pertama di Brasil dan Amerika Selatan yang kedatangan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bitcoin.

Nantinya, mesin tersebut akan beroperasi di Campus Party, Sao Paulo. Mesin ATM Bitcoin disediakan untuk mendukung ajang teknologi dan inovasi terbesar di Brasil.

Mesin ini merupakan gabungan dari ATM pada umumnya dan vending machine, yang dengannya pengguna harus memasukkan mata uang normal dan menukarkannya dengan Bitcoin.

Hasil pertukaran tersebut tidak berbentuk fisik. Pengguna akan menerima Bitcoin yang ditukarkan dalam perangkat ponselnya.

Untuk menggunakan ATM tersebut, pengguna pertama-tama harus mengunduh aplikasi "dompet" Bitcoin. Setelah memasukkan uang tunai, layar mesin ATM akan menampilkan kode QR. Selanjutnya, pengguna tinggal memindai kode tersebut dan saldo Bitcoin-nya akan bertambah sesuai jumlah yang ditukarkan.

Seperti dikutip dari ZDnet, Sabtu (26/1/2014), mesin ATM ini diimpor oleh sebuah perusahaan asal Brasil, Mercado Bitcoin. Perusahaan tersebut harus merogoh kocek sangat dalam, sekitar 10.000 dollar AS, untuk memboyong mesin buatan Lamassu tersebut dari pabriknya di Portugal.

Mesin tersebut hanya akan mendukung mata uang Brasil, dan tiap transaksi akan dikenakan biaya sebesar 2,5 persen oleh Mercado Bitcoin.

Pihak Mercado Bitcoin tidak berani memprediksi jumlah transaksi dan jumlah pengguna yang akan menggunakan mesin ATM Bitcoin ini.

"Kami berharap bahwa mesin tersebut akan balik modal pada akhir tahun ini, tetapi kami tidak memiliki referensi sekitar berapa jumlah transaksi yang akan dihasilkan," kata Rodrigo Batista, Chief Executive Mercado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com