Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Terpaksa Ubah Nama "SkyDrive"

Kompas.com - 28/01/2014, 13:03 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Bagi pengguna layanan penyimpanan data online dari Microsoft, kini saatnya Anda mengucapkan selamat tinggal kepada SkyDrive, dan mengatakan selamat datang pada OneDrive.

Microsoft terpaksa mengubah nama layanan komputasi awan (cloud computing) SkyDrive menjadi OneDrive karena mereka terjerat sengketa merek dagang dengan perusahaan penyiaran British Sky Broadcasting Group (BSkyB).

Kasus ini berlangsung sejak 2013, ketika Microsoft diminta mengganti nama SkyDrive. Akhirnya pada Agustus 2013, pengadilan di Inggris menyatakan bahwa Microsoft melanggar hak merek dagang yang dimiliki BSkyB.

BSkyB memberi waktu kepada Microsoft untuk beralih merek dagang ke nama lain yang tidak menggunakan kata "Sky".

General Manager Consumer Apps & Services Microsoft Ryan Gavin mengaku tidak mudah untuk mengubah nama SkyDrive. Kendati demikian, Gavin meyakinkan bahwa "layanan penyimpanan data di awan itu akan terus beroperasi seperti biasa, dan semua konten akan tetap tersedia di OneDrive dan OneDrive untuk bisnis."

"Kami sangat antusias dengan apa yang akan terjadi pada masa mendatang, dan tidak sabar untuk berbagi lagi," katanya dalam blog resmi OneDrive, Senin (27/1/2014).

Microsoft memosisikan OneDrive sebagai layanan untuk menyimpan dokumen, foto, video, dan konten lain. Perusahaan telah membuat halaman situs khusus onedrive.com dan membuat video promosi di YouTube untuk mengumumkan nama baru tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com