Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Generasi Mendatang, Wikipedia Rekam Suara Tokoh Dunia

Kompas.com - 29/01/2014, 10:40 WIB
Aditya Panji

Penulis

KOMPAS.com — Ensiklopedia bebas Wikipedia menambahkan fitur rekaman suara pada layanannya. Proyek baru dari Wikipedia yang bernama WikiVIP akan merekam suara para selebriti dan tokoh terkenal di dunia untuk ensiklopedia online itu.

WikiVIP merupakan singkatan dari Wikipedia Voice Intro Project, yang digagas oleh editor Wikipedia Andy Mabbett dan Andrew Gray. Tujuannya ialah memungkinkan pembaca untuk mendengarkan rekaman suara para selebriti dan tokoh dunia.

Fitur ini nampaknya akan berguna jikalau selebriti atau tokoh dunia itu telah meninggal dunia sehingga generasi masa depan bisa mendengar suara mereka, selain membaca sejarahnya dari artikel.

Proyek ini telah dimulai dengan merekam suara Stephen Fry, seorang aktor, komedian, penulis, dan pembuat film berkebangsaan Inggris. Ia merekam suara untuk halaman yang berisi tentang profil dan sejarah hidupnya di Wikipedia.

Wikipedia berharap para selebriti dan tokoh dunia lain turut berpartisipasi dalam proyek ini agar suaranya dapat menghiasi halaman orang terkait.

Sejak beberapa tahun lalu, Wikipedia telah mulai memperkaya layanannya dengan fitur suara. Namun, fitur suara itu hanya menyajikan rekaman lagu kebangsaan pada halaman suatu negara.

Wikipedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger pada 2001. Layanan ini dikelola oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Proyek Wikipedia bertujuan memberi ilmu pengetahuan secara bebas dan disajikan dalam berbagai bahasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com