Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Punya CEO Baru Awal Februari?

Kompas.com - 31/01/2014, 09:28 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com — Mereka yang mengikuti proses suksesi pucuk pimpinan Microsoft mungkin sudah merasa jenuh. Lebih dari enam bulan semenjak Steve Ballmer menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO, penggantinya belum ditentukan.

Kandidat penerus Ballmer pun datang dan pergi. Bukan hanya dari internal Microsft saja, melainkan juga CEO dari perusahaan lain, seperti Stephen Elop dan Alan Mullaly.

Saat satu nama mereka dimunculkan, di saat lain kandidat tersebut mengundurkan diri atau tidak disetujui dewan direksi. Proses ini seperti menguras energi.

Karyawan internal Microsoft sendiri pun juga sudah bosan menunggu. "Yang kami lakukan selama ini hanya diam dan menunggu," ujar salah satu eksekutif Microsoft kepada jurnalis Recode, Kara Swisher.

"Tak ada yang tahu apa keinginan CEO baru, jadi semuanya bingung mau mengerjakan apa," imbuhnya seperti dimuat dalam situs Recode (30/1/2014).

Namun, Swisher mengatakan jika penantian panjang itu akan segera berakhir minggu depan (awal Februari 2014). Sumber dalam Microsoft yang tak mau disebut namanya mengonfirmasikan bahwa direksi Microsoft akan mengumumkan CEO baru paling cepat pada awal Februari 2014.

Kandidat terkuat yang bakal menggantikan Ballmer adalah orang dalam Microsoft sendiri, yaitu Satya Nadella, yang kini masih menjabat sebagai VP Microsoft Cloud Enterprise Group.

Nama Nadella mencuat karena dirinya dianggap sosok yang paling tidak kontroversial. Sebagian besar karyawan Microsoft juga lebih memilih Nadella sebagai pimpinan mereka dengan alasan bahwa perusahaan sebesar Microsoft terlau rumit jika dikelola oleh orang luar.

Sebelumnya, Microsoft berencana memilih CEO baru pada awal Januari 2014. Namun, rencana tersebut tertunda karena mundurnya salah satu calon CEO serta jadwal yang berdekatan dengan pidato tahunan chairman Microsoft, Bill Gates, untuk yayasan yang dikelolanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com