Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BB10 Itu Android Versi Ramping?

Kompas.com - 02/02/2014, 10:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis


KOMPAS.com - BlackBerry baru saja meluncurkan update terbarunya untuk sistem operasi BlackBerry 10 (BB10). Dengan versi 10.2.1 tersebut, smartphone BlackBerry bisa menjalankan aplikasi Android melalui file .APK.

Namun, baru-baru ini beredar video yang menunjukkan bahwa untuk menjalankan aplikasi Android, smartphone BlackBerry sebenarnya menjalankan OS Android di dalam sistem operasi QNX-nya.

Bahkan, dalam video tersebut juga ditunjukkan bahwa sebenarnya dimungkinkan untuk menjalankan antarmuka Android secara penuh dengan meng-Install Nova Launcher.

Video yang diunggah oleh user id tomtechish tersebut seperti memperlihatkan bahwa BB10 pada dasarnya adalah Android 4.2.2 yang telah ditelanjangi. Artinya, beberapa komponen asli Android ditanggalkan, seperti Phone dialer dan aplikasi serta layanan inti milik Android.

Layanan Google Play juga tidak disertakan, walau pengunggah video tersebut telah mencoba meng-install Google Play Store dengan metode sideloading, namun pada akhirnya ternyata malah crashed.

Dari video tersebut, Android Authority (29/1/2014) menyimpulkan bahwa kondisi BlackBerry saat ini sedang benar-benar bergantung pada Android, bukan hanya dengan BlackBerry Messenger saja, namun juga dengan menambah pengalaman penggunaan BB10.

Jika terus-terusan seperti ini, bisa jadi di masa mendatang BlackBerry benar-benar menanggalkan BB10 secara penuh, atau memberikan dual-boot dengan membeli sertifikasi aplikasi Google Play.

BB10 yang menjalankan antarmuka Android bisa dilihat di video di bawah ini, atau tautan berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com