Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja Tewas Gara-gara Flappy Bird Cuma "Hoax"

Kompas.com - 05/02/2014, 14:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Kepopuleran game Flappy Bird ternyata menarik banyak perhatian media, berbagai situs berita di Internet menulis fenomena ini.

Tak terkecuali media satir yang ingin mendompleng kepopuleran Flappy Bird dengan membuat berita bohong (hoax), seperti yang dilakukan situs huzlers.com.

Situs tersebut memberitakan bahwa remaja 17 tahun bernama Jabari Wright ditusuk hingga tewas oleh adiknya, Gary Wright, gara-gara berselisih soal skor dalam game Flappy Bird.

Diberitakan, Jabari yang berhasil mencapai skor lebih tinggi, 17 poin, mengejek adiknya, Gary yang belum bisa menandinginya. Gary yang baru berhasil meraih 6 poin pun kesal hingga menusuk Jabari sebanyak 17 kali, sesuai poin yang diraih kakaknya tersebut

Sepintas berita tersebut nampak nyata dengan foto tim koroner yang sedang mengangkut jasad Jabari ke dalam ambulans. Kabar bohong beserta foto tersebut kini beredar viral di media sosial, seperti Facebook dan Path.


Foto palsu terkait Flappy Bird yang dilansir situs Huzlers.com.
Namun, jika melihat deskripsi yang ditulis Huzlers dalam situsnya, mereka mengatakan bahwa Huzlers adalah situs berita yang mengombinasikan kabar mengejutkan dan satir, agar pengunjungnya berada dalam kondisi tidak percaya.

"Huzlers.com is a combination of real shocking news and satire news to keep its visitors in a state of disbelief." Demikian tulis Huzlers di situsnya.

Komentar-komentar yang di-posting pembaca pun banyak yang meragukan keakuratan berita tersebut.

Sebelumnya, dilansir dari Latin Times, Sabtu (4/2/2014), Huzlers juga menjadi biang keladi kehebohan Internet saat mengabarkan bintang Vine, Lil Terio yang diculik pada tahun 2013. Semenjak itu, Huzler menjadi terkenal membuat berita bohong yang impresif.

Nampaknya, selain tertarik dengan berita seputar sosial media, kini Huzzlers juga mengincar game mobile dengan membuat berita palsu yang membuat khalayak Internet dunia terkejut dengan kabar bohong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com