Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai iPhone Menggembung seperti Balon

Kompas.com - 08/02/2014, 11:25 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Ubergizmo
Baterai iPhone 3GS yang membengkak seperti balon

KOMPAS.com - Kasus ponsel meledak kembali ramai diangkat ke permukaan. Minggu lalu, seorang remaja di Amerika Serikat dilaporkan mengalami cedera gara-gara iPhone yang tiba-tiba terbakar saat berada di dalam kantung celana.

Kali ini, sebagaimana dilansir oleh Ubergizmo, seorang pemilik Apple iPhone 3GS menjumpai baterai dalam perangkat itu menggelembung layaknya balon yang siap pecah.

Beruntung, baterai yang bengkak menjadi dua kali ukuran aslinya hingga merusak casing itu belum sempat meletus.

Si pemilik yang merupakan seorang penulis di situs berbahasa Ceko menjelaskan bahwa iPhone 3GS miliknya itu memang sudah berumur, kendati selama ini berjalan tanpa masalah.

Dia mengatakan smartphone itu dibeli tahun 2009 dan telah "berkeliling" dunia dan mengalami upgrade OS dari mulai iOS 3.0 hingga iOS 6.1.3.

Kasus baterai membengkak biasanya terjadi ketika alat penyimpan data itu sudah digunakan dalam waktu lama, mengalami overcharging, terlalu panas, atau memiliki cacat produksi dari pabrik.

JIka sudah menggelembung, maka baterai tak dapat diperbaiki, malah cenderung berbahaya karena berpotensi terbakar atau meledak.

Kejadian baterai membengkak karena kesalahan produksi pernah dilaporkan menimpa sejumlah pemilik Galaxy S4 pada tahun lalu, tapi hal tersebut diduga hanya terjadi pada sebagian kecil smartphone buatan Samsung itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Ubergizmo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com