Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Disebut Tak Bisa seperti Windows

Kompas.com - 10/02/2014, 07:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Pada dekade 80-an, Apple menghadirkan terobosan di dunia komputer melalui Macintosh. Namun, pada akhirnya, bukan Apple yang menikmati kejayaan di pasar personal computer, melainkan Microsoft. Apple sendiri terpinggirkan dan nyaris bangkrut.

Selang beberapa dekade kemudian, keadaan serupa terjadi kembali. iPhone membuka jalan bagi smartphone modern, tetapi yang mendominasi justru Google dengan OS mobile Android miliknya yang menguasai 80 persen pangsa pasar smartphone.

Apakah sejarah akan berulang dan Apple kembali terpinggirkan? Dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh Business Insider, CEO Apple Tim Cook berpendapat sebaliknya.

Apple saat ini memiliki kas sebesar 160 miliar dollar AS sehingga sangat jauh dari kata "bangkrut". Selain itu, Cook menambahkan, ada dua penyebab Android tak bisa mengalahkan Apple seperti Windows.

Alasan pertama berkaitan dengan aplikasi di platform yang bersangkutan. Dulu, Mac kehilangan sejumlah aplikasi utama yang hanya tersedia di Windows. Lini produk komputer andalan Apple ini pun ditinggalkan oleh penggunanya.

Namun, menurut Cook, dalam persaingan gadget mobile pada masa kini, Apple memiliki koleksi aplikasi yang setanding dengan Android, kalau bukan lebih baik. Ada sekitar satu juta aplikasi untuk iPhone, sementara aplikasi yang ditulis khusus untuk tablet iPad mencapai kisaran 500.000.

Sebaliknya, Cook menyebutkan bahwa hanya ada 1.000 aplikasi yang dioptimalisasi untuk tablet Android. "Itulah salah satu alasannya, meski bukan satu-satunya. Memakai tablet Android adalah pengalaman buruk karena aplikasinya cuma diperbesar dari yang sudah ada di smartphone," katanya.

Penyebab kedua berkenaan dengan fragmentasi di platform Android, yang disebutnya mirip dengan "Eropa". Eropa disebut Cook merupakan nama "generik" yang dipakai oleh sebagian orang Amerika untuk mengacu pada benua tersebut, tanpa tahu bahwa di dalamnya terdapat banyak negara yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

"Android itu terdiri dari banyak hal. Berapa orang pemilik Kindle (tablet Amazon) tahu bahwa mereka menggunakan Android? Samsung juga menambahkan banyak software di atasnya," ujar Cook.

Kata-kata Cook ada benarnya, tetapi dia membicarakan apa yang telah dan sedang terjadi saat ini. Dia tak mendiskusikan kemungkinan yang bisa terjadi pada masa depan. Saat Android semakin mendominasi pasar smartphone dan tablet, apakah developer akan terus bertahan dengan iOS?

Yang jelas, pria berkacamata ini memang ingin Apple mengalahkan pesaing beratnya itu, paling tidak dalam hal market share. "Di kebanyakan wilayah dunia, kami nomor satu atau dua. Apakah saya ingin jadi nomor satu di semuanya? Tentu saja," tandas Cook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com