Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo N1, Memikat dengan Kamera Putar

Kompas.com - 10/02/2014, 13:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Oppo N1 adalah smartphone suksesor Oppo Find 5. Dengan N1, Oppo seolah ingin menegaskan kehadirannya untuk bersaing dengan smartphone premium lain. Hal ini terlihat dari tampilan, fitur dan spesifikasi yang dimiliki N1.

Oppo N1 dibekali deretan spesifikasi kelas atas, baik untuk hardware dan software-nya. Bahkan, Oppo mengkustomisasi sendiri tampilan antarmuka N1 agar berbeda dengan smartphone Android lainnya.

Selain itu, Oppo juga ingin memperkenalkan cara baru berinteraksi dengan smartphone melalui kontrol gestur yang dimiliki N1. Bukan hanya di layarnya saja, Oppo juga memungkinkan pengguna mengontrol smartphone dengan sentuhan jari dari bagian belakang smartphone.

Dan yang menjadi fitur andalan, adalah kamera 13 megapixel yang bisa dirotasi. Kamera ini dikembangkan Oppo dengan menggandeng pabrikan Fujitsu yang meracik prosesor pemroses gambar. Deretan fitur editing foto dan efek juga diberikan untuk menarik penyuka fotografi instan dengan smartphone.

Desain
Saat melihat pertama kali, pasti yang muncul di benak adalah ukurannya yang tergolong besar. Pilihan warna putih dengan sentuhan matte ini menyembunyikan bodinya yang terbuat dari bahan plastik.

Engadget
Oppo N1

Oppo N1 memiliki desain kotak dengan ujung-ujung yang membulat. Layarnya yang berukuran 5,9 inci menjadi perhatian utama di wajah N1. Layar Oppo N1 menggunakan materi IPS dengan resolusi Full HD. Walau memiliki tampilan layar yang jernih dan tajam, namun karena sifat layar yang reflektif, maka performa tampilan layarnya berkurang saat dipaparkan di bawah terik matahari.

Dengan ukuran yang lebih besar dari smartphone kebanyakan, seperti Galaxy S4 atau iPhone 5s, menjadikan Oppo N1 agak susah untuk dikantongi di saku celana atau baju. Lebih nyaman dimasukkan ke dalam tas. Walau sebenarnya N1 ini cukup tipis dan bisa dimasukkan di saku celana belakang.

Minimalis mungkin menjadi kata yang tepat jika menggambarkan tombol fisik yang dimiliki N1. Sepintas, pengguna tidak akan menemui tombol fisik yang mencolok di body smartphone. Oppo memberikan tombol fisik untuk daya dan pengatur volume di sebelah kanan yang desainnya tipis mengikuti kontur body N1.

Di sebelah kiri terdapat slot kartu SIM. Agak susah untuk membuka slot ini, karena membutuhkan pin untuk mengakses slot kartu SIM. Oppo N1 tidak memiliki slot kartu memori sebagai penyimpanan eksternal. Bagian penutup belakang smartphone juga tidak bisa dibuka. Karena itu pengguna tidak bisa mengakses baterai dan sebagainya.

Antarmuka & Fitur
Untuk antarmuka, Oppo N1 yang secara default menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, ingin membedakan dirinya dengan smartphone Android lain. Oppo mendesain antarmuka yang disebut dengan Color OS yang ditanamkan di dalam N1.

interface Oppo N1

Pada dasarnya, Color OS tetap menggunakan layanan dan aplikasi Google, hanya saja Oppo memermak beberapa bagian, seperti layout homescreen, lockscreen, app drawer, serta setting menu di dalamnya. Saat dalam mode lockscreen, pengguna juga bisa mengakses fitur lampu senter dengan menekan dan menahan tombol Home. Fitur yang cukup membantu jika Anda berad di ruang gelap.

Yang menarik, Oppo menyediakan Guest Mode bagi pengguna. Seperti layaknya PC, dalam mode ini, beberapa aplikasi dan file akan disembunyikan dan tidak bisa diakses, sehingga privasi pengguna akan terjaga jika smartphone ingin dipinjam teman atau saudara.

Untuk menavigasi antarmuka Oppo N1, pengguna Android akan cepat terbiasa. Tombol-tombol di layar dengan ikon-ikon khas Android mudah dikenali. Transisi antar layar juga terlihat lancar dan mulus. Permukaan layar juga memiliki respon sentuhan yang nyaman di jari. Bahkan, pengguna tetap bisa mengoperasikan antarmuka smartphone walau mengenakan sarung tangan, dengan setting yang dilakukan sebelumnya.

Speker, konektor micro USB, dan jack 3,5 mm di sisi bawah Oppo N1

Hanya saja, karena layar yang cukup lebar, maka pengoperasian dengan satu jari sedikit merepotkan. Terutama jika hendak menulis pesan atau catatan dengan keyboard layar sentuhnya, apalagi jika dalam mode landscape. Karena itu N1 lebih nyaman dioperasikan dengan dua tangan.

Untungnya, Oppo memiliki fitur kontrol gestur untuk mengakses aplikasi atau memberikan perintah tertentu. Misalnya dengan membuat gestur melingkar, kotak, atau segitiga, pengguna bisa mengakses aplikasi tertentu yang telah disetting sebelumnya. Fitur ini juga tetap berfungsi saat layar dalam kondisi mati.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com