Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Cyber I Terbakar, Trafik Internet Terganggu?

Kompas.com - 11/02/2014, 10:52 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gedung Cyber I di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, yang menjadi tempat pusat data (data center) berbagai situs web perusahaan dan lembaga, dilanda kebakaran pada Selasa pagi (11/2/2014). Meski demikian, trafik internet Indonesia diklaim aman karena tidak ada pemadaman listrik untuk data center.

Kebakaran terjadi di Lantai 11 Gedung Cyber I. Hingga berita ini ditayangkan, pihak pemadam kebakaran sudah berhasil memadamkan api dan sekarang sedang proses mengeluarkan asap dari gedung.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sammy Pangerapan menjelaskan, APJII memiliki data center di lantai 1 serta ada Indonesia Internet Exchange (IIX) yang menjadi salah satu pusat lalu lintas internet Indonesia.

"Tidak ada dampak pada IIX karena listrik di lantai tersebut tidak dimatikan. Listrik yang dimatikan hanya di lantai 11. Semua data center aman," kata Sammy saat dihubungi KompasTekno.

IIX merupakan tempat terhubungnya jaringan internet dari berbagai penyedia jasa internet di Indonesia, seperti Telkom, Indosat, CBN, Biznet, First Media, dan lain-lain.

Selain IIX, di lantai 8 Gedung Cyber I, juga terdapat data center milik Indonet, dan Internet Data Centerindo (IDC) di lantai 7.

Chairman IDC Johar Alam Rangkuti memastikan semua infrastruktur IDC tidak terkena dampak dari kebakaran. "IDC di lantai 7 tidak terganggu. OpenIXP sebagai pusat trafik lokal tidak terganggu," tulis Johar dalam pesan singkat.

Belum diketahui secara pasti mengenai penyebab dan kerugian yang diderita atas perisitiwa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com