"Flappy Bird" Hilang, Hoax Bunuh Diri Muncul - Kompas.com

"Flappy Bird" Hilang, Hoax Bunuh Diri Muncul

Reska K. Nistanto
Kompas.com - 11/02/2014, 14:43 WIB
Among Tech
Game Flappy Bird

KOMPAS.com — Situs Huzlers kembali berulah dengan menyebarkan berita bohong (hoax) yang mengabarkan pembuat game Flappy Bird dan tujuh orang lainnya melakukan tindakan bunuh diri.

Dalam posting yang tak diketahui kapan waktu pembuatannya itu, karena tidak disertakan informasi tanggal berita dibuat, developer Flappy Bird, Dong Nguyen, diberitakan Huzlers ditemukan tewas di rumahnya.

Nguyen diduga bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri menggunakan sebuah pistol gara-gara kontroversi terkait Flappy Bird.

Tweet Nguyen yang menyatakan akan menghapus Flappy Bird dari toko aplikasi juga dipelintir oleh Huzlers dengan mengatakan bahwa Nguyen tidak kuat menanggung beban kepopuleran game buatannya.

Selain itu, Huzlers juga menulis, selain Nguyen, masih ada tujuh remaja di Amerika Serikat yang bunuh diri karena Flappy Bird tidak lagi ada di App Store.

Tentu saja, mereka yang tidak terbiasa membaca berita-berita yang disiarkan Huzlers akan kaget dan percaya begitu saja. Namun, itulah tujuan situs Huzlers dibuat, yaitu membuat berita yang membuat orang kaget dan percaya dengan kabar bohong (hoax).

Walau Huzlers sudah menulis dalam halaman About Us mengenai maksud pembuatan situs tersebut, tak banyak pembaca yang melihatnya.

Di bagian bawah, Huzlers menulis "Huzlers.com is a combination of real shocking news and satire news to keep its visitors in a state of disbelief."

Sebelumnya, Huzlers juga mendompleng popularitas Flappy Bird dengan membuat berita bohong yang menyatakan bahwa seorang adik menikam kakaknya gara-gara saling ejek tentang skor Flappy Bird.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisReska K. Nistanto
EditorWicak Hidayat
SumberHuzlers,
Komentar
Close Ads X