Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Android-iOS Kebanjiran Fitur Baru, Bisa Telepon Gratis

Kompas.com - 14/02/2014, 11:22 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry akhirnya merilis update "besar" untuk layanan messaging BlackBerry Messenger (BBM) versi 2.0 untuk platform Android dan iOS.

Sebelumnya, BlackBerry membuat agar pengguna BBM bisa menambah teman tanpa harus menggunakan PIN. Kini, BlackBerry menambahkannya lagi dengan beragam fitur.

Fitur-fitur yang ditambahkan tersebut menurut blog resmi yang ditulis BlackBerry antara lain, fitur Voice Calls, BBM Channels, serta Location Sharing. Fitur-fitur tersebut sebelumnya telah dimiliki dan diturunkan dari BBM versi BlackBerry OS ke pengguna Android dan iOS.

Dengan update terbaru ini, BlackBerry mengatakan bahwa fitur-fitur baru tersebut akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan saat ngobrol dan berbagi dengan teman di BBM, dibandingkan sebelumnya.

BBM Voice hadir untuk pertama kalinya di platform Android dan iOS. Fitur ini telah lama dinantikan oleh pengguna platform messaging ini yang menggunakan Android atau iOS. Pengguna kini bisa menelepon antar-pengguna BBM secara gratis, baik melalui WiFi atau jaringan seluler.

Sementara, BBM Channels adalah fitur yang menyediakan grup diskusi untuk membahas tentang sesuatu yang memiliki model antarmuka, seperti message-board. Mirip saat mendiskusikan sebuah topik di sebuah forum di Internet.

Pengguna BBM kini juga bisa berbagi lokasi dengan kontak BBM-nya dengan fitur location sharing, dan bisa dibatasi. Sehingga jika Anda sedang membuat janji dengan klien bisnis, klien tersebut bisa mengetahui lokasi Anda dalam jangka waktu tertentu, misal 30 menit. Setelah itu klien tidak bisa melihat lokasi Anda.

BlackBerry juga menambah fitur One-click Sharing untuk mempermudah pengguna saat ingin berbagi foto, dokumen, serta voice message dan konten lainnya dengan kontak BBM-nya.

Selain fitur-fitur di atas, BBM 2.0 juga menyertakan tambahan 100 emoticon baru dan penambahan jumlah anggota dalam sebuah group, dari sebelumnya 30 menjadi 50 orang.

Walau upaya BlackBerry dalam menggarap BBM 2.0 agar semakin menyenangkan dan mudah digunakan patut dihargai, namun jumlah pertumbuhan penggunanya semenjak dirilis untuk platform Android dan iOS masih belum membanggakan.

Setidaknya dengan adanya update ini, BlackBerry masih menunjukkan bahwa BBM masih menjadi prioritas utama. BBM kini berada di bawah divisi baru, Global Enterprise Solutions, sehingga patut dicermati akan seperti apa perkembangannya di masa mendatang.

Menurut pantauan KompasTekno, Jumat (14/2/2014) pagi, update terbaru BBM 2.0 baru tersedia untuk pengguna Android dan dapat diunduh di Play Store atau melalui tautan berikut ini.

Pengguna BBM di perangkat iOS sepertinya harus menunggu beberapa jam lagi untuk mencoba fitur-fitur baru di atas.

Update: BBM update terbaru untuk iOS akhirnya tersedia dan sudah bisa diunduh di App Store atau melalui tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com