Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Memperluas Pilihan Gender

Kompas.com - 15/02/2014, 10:00 WIB
Facebook telah mengumumkan bahwa mereka akan mengijinkan pengguna untuk memilih gender mereka, setelah berkonsultasi dengan kelompok advokasi gay dan transgender.

Ada 50 pilihan, termasuk "dua-gender", "Klik transgender", "berkelamin" dan "transeksual" yang memungkinkan orang-orang "berekspresi dengan cara otentik", kata Facebook dalam sebuah posting.

Pengguna juga dapat memilih apakah akan disebut "dia-perempuan", "dia-laki-laki", atau "mereka".

Pilihan baru diperuntukkan sementara bagi mereka yang menggunakan situs berbahasa Inggris.

'Berpengaruh'

Pilihan baru di formulasikan setelah berkonsultasi dengan lima organisasi hak-hak gay dan transgender, kata Facebook.

"Banyak orang menganggap ini tidak berarti apa-apa, tapi bagi sebagian orang ini berpengaruh,"kata insinyur Facebook Brielle Harrison kepada Associated Press.

"Untuk pertama kali saya membuka situs dan memberi tahu gender saya kepada orang-orang yang saya pilih untuk bisa mengetahuinya," kata dia.

Langkah ini mencerminkan semakin kuatnya pengaruh gerakan hak-hak transgender di Amerika Serikat, yang menuntut hak-hak sipil, kata wartawan BBC Alistair Leithead di Los Angeles.

Pusat Hukum Transgender yang berbasis di San Francisco menyambut baik gerakan itu, dan mengatakan "banyak orang transgender senang" dengan berita itu.

Laporan William Institute di tahun 2011, memperkirakan 0,3 % dari orang dewasa di Amerika Serikat yang transgender, hampir 700.000 orang.


Facebook.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com