Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petisi Digital Serukan Bu Risma Tidak Mundur

Kompas.com - 18/02/2014, 08:08 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam sepekan terakhir, beredar kabar bahwa Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berencana mundur dari jabatannya. Kabar ini mengundang reaksi pengguna media sosial yang menginginkan Bu Risma, begitu ia akrab disapa, untuk tetap memimpin Surabaya.

Di media sosial Change.org, terdapat tiga petisi digital yang menginginkan agar Risma mengurungkan niat untuk mundur. Salah satu petisi dibuat oleh koalisi Save Risma, dan dua petisi di antaranya dibuat warga Surabaya, dengan nama akun Fajar Eristyawan dan Widas Satyo.

Hingga Senin (17/2/2014) pukul 23.00 WIB, petisi yang dibuat koalisi Save Risma telah mendapat 749 dukungan.

Sementara itu, petisi yang dibuat Fajar Eristyawan mendapat 575 dukungan, dan 66 dukungan untuk petisi yang dibuat Widas Satyo. Setiap petisi digital yang ditandatangani oleh pendukung akan masuk ke e-mail pribadi Risma.

"Mari warga Surabaya kita tanda tangani dan sebarkan petisi ini agar Ibu Risma mendengar suara Anda dan mengurungkan niatnya untuk mundur sebagai Wali Kota Surabaya," tulis Fajar Eristyawan dalam permohonan petisinya.

"Petisi ini merupakan langkah awal dan sederhana kami, warga Surabaya khususnya, untuk memberikan dukungan moral kepada sosok pemimpin yang sudah berbuat banyak untuk kemajuan kota yang kami tinggali. Bu Risma sudah berbuat banyak untuk rakyatnya," tulis pembuat petisi lainnya, Widas Satyo.

Bukan hanya ramai dibicarakan di media sosial Change.org, Risma juga sempat menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Setelah Risma menjadi bintang tamu dalam program bincang-bincang Mata Najwa pada 12 Februari 2014, kata kunci "Bu Risma" sempat menjadi trending topic kawasan Indonesia.

Sejak kabar rencana mundurnya Risma beredar, muncul gerakan di media sosial dengan tanda pagar #SaveRisma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com