Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Unlimited XL "Bangkit dari Kubur"

Kompas.com - 18/02/2014, 09:59 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada awal 2012 lalu, perusahaan telekomunikasi XL Axiata berhenti menawarkan paket internet tanpa batas atau unlimited. Selama kurang lebih dua tahun, XL akhirnya kembali menawarkan paket internet unlimited mulai Senin (17/2/2014).

Deputy Chief Marketing Officer XL Axiata, Kencono Wibowo mengatakan, langkah ini merupakan gebrakan XL di tahun 2014. Ia berharap paket unlimited akan menjadi solusi agar pelanggan tak khawatir kehabisan kuota di tengah pemakaian.

"Kebutuhan pasar atas layanan paket internet yang gampang dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan semakin meningkat seiring dengan makin memasyarakatnya berbagai layanan internet di Indonesia," katanya dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Paket ini hadir dengan tiga varian berbeda, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan. Kecepatan unduhnya diklaim mencapai 3,6Mbps dan unggah hingga 1Mbps.

Sejatinya, paket internet unlimited yang ditawarkan XL tetap dipatok batas pemakaian wajar. Untuk paket harian, dibatasi sebanyak 20MB, paket mingguan 150MB, dan paket bulanan 2GB. Pembatasan pemakaian ini juga umum dilakukan perusahaan telekomunikasi lain.

Dalam halaman resmi penawaran internet unlimited, XL mengungkapkan bahwa pihaknya "berhak melakukan pengaturan kecepatan untuk pelanggan dengan penggunaan tidak wajar, supaya tetap dapat memberikan layanan internet terbaik."

Sebelumnya, saat menghentikan internet unlimited pada 2012, pihak XL menyatakan bahwa paket tersebut merugikan perusahaan karena mengganggu jaringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com