Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia X, Nama Resmi Android Nokia?

Kompas.com - 19/02/2014, 10:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Setelah berbulan-bulan jadi spekulasi, Nokia akhirnya meluncurkan teaser resmi untuk smartphone Android pertamanya. Teaser tersebut dirilis sebelum diselenggarakannya ajang MWC 2014 di Barcelona, 24 Februari 2014 mendatang.

Teaser berupa press image resmi yang dibuat oleh Nokia tersebut pertama kali beredar dari akun Twitter @evleaks yang sering memposting informasi bocoran terbaru dunia gadget. Dalam foto tersebut, nampak smartphone Nokia dengan bingkai warna hijau khas Android, dengan tulisan Nokia X yang juga berwarna sama.

Ditengarai, Nokia X adalah nama resmi smartphone Android Nokia yang akan diluncurkan di ajang MWC 2014. Sebelumnya, bocoran smartphone Android Nokia yang memiliki nama sandi "Normandy" tersebut juga telah banyak beredar di Internet.

Berdasar bocoran sebelumnya yang terkuak, Nokia X memiliki prosesor dual core dengan clock 1 GHz, RAM 512 MB, chipset Qualcomm Snapdragon 20, slot dual-SIM, dan baterai dengan kapasitas 1500 mAH. 

Nokia X dirumorkan akan mengusung ukuran layar 4 inci dengan resolusi 480x800 pixel. Antarmuka Nokia X juga merupakan gabungan dari smartphone Asha dan tile Windows Phone.

Selain itu, Nokia X juga sempat dirumorkan memiliki kamera 3 atau 5 megapixel, serta versi sistem operasi yang akan digunakan. Beberapa ada yang mengatakan Android Nokia pertama ini akan mengusung KitKat, sementara yang lain mengatakan Jelly Bean.

Nokia X dibuat untuk bersaing dengan gadget-gadget kelas menengah, bukan untuk menyaingi perangkat kelas atas seperti Galaxy S4 atau HTC One. Di Vietnam, sebuah toko retail online sempat memajang Nokia X dengan banderol harga 110 dollar AS.

Setidaknya, sekarang nama resmi Android Nokia telah diumumkan, detil lebih lanjut kita tunggu peluncurannya di ajang MWC 2014 pekan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com