Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Android Makin Murah Dibanding iPhone

Kompas.com - 21/02/2014, 15:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Android dan iOS bagai dua dunia yang berbeda. Walau keduanya memiliki beberapa aplikasi yang serupa, namun Android memiliki ekosistem yang terbuka, sementara iOS tertutup.

Dengan ekosistem yang terbuka tersebut, banyak vendor yang memproduksi smartphone Android dengan beragam versi dan spesifikasi. Beragam spesifikasi yang dimiliki smartphone juga menentukan harga jualnya di pasar.

Smartphone Android versi low end bisa dijual dengan harga murah, sekitar Rp 1 juta, sementara yang premium dengan spesifikasi tinggi, bisa mencapai harga Rp 6 juta. Sementara harga iPhone tergolong stabil, berkisar antara Rp 5-6 juta.

Namun, jika dirata-rata, ternyata harga smartphone Android yang ada saat ini, hanya setengah dari harga iPhone. Selain itu, perbedaan harga antara keduanya dari tahun ke tahun semakin bertambah lebar.

Temuan tersebut diungkap oleh lembaga riset Statistica yang membandingkan harga rata-rata perangkat Android dan iOS di seluruh dunia, yang masih beredar.

Dikutip dari Phone Arena (14/2/2014), harga jual rata-rata perangkat Android telah menurun dalam beberapa tahun belakangan. Di tahun 2013 lalu, rata-rata smartphone Android dijual dengan harga 276 dollar AS, sementara iPhone 650 dollar AS (tanpa kontrak/subsidi operator).

Jika dirunut ke belakang, pada tahun 2010, harga rata-rata smartphone Android saat itu masih tergolong tinggi, yaitu sekitar 441 dollar AS. Sementara pada tahun berikutnya, trennya cenderung menurun menjadi 380 dollar AS.

Statistica
Tabel beda harga rata-rata smartphone Android dan iOS

Semakin turunnya harga jual perangkat Android tersebut menjadi faktor utama mengapa sistem operasi ini sangat populer, dan menguasai pangsa pasar smartphone.

Sementara harga smartphone Apple, iPhone memang kian menurun, namun tidak terlalu drastis. Pada tahun 2011 lalu harga rata-rata iPhone di duna adalah 710 dollar AS, sementara di tahun 2012 menjadi 686 dollar AS, dan 2013 menjadi 650 dollar AS.

Dengan perbedaan harga yang semakin jauh tersebut, Android memang berhasil menjual perangkat lebih banyak. Namun, Apple dengan iOS nya juga mendapatkan keuntungan yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com