Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Steve Jobs Bakal Diabadikan di Prangko

Kompas.com - 21/02/2014, 16:52 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Mendiang Steve Jobs meninggalkan banyak kenangan, bukan hanya bagi penggemar produk Apple, tetapi juga orang-orang yang mengagumi temuan dan pemikirannya selama masih hidup.

Jobs dianggap telah merevolusi desain produk teknologi. Ia menunjukkan bahwa produk-produk seperti komputer pribadi, ponsel, dan pemutar musik digital juga bisa memiliki desain yang indah.

Kenangan terhadap Steve Jobs akan terus hidup, terlebih saat Kantor Pos Amerika Serikat (US Postal Service) menerbitkan daftar gambar prangko apa saja yang akan diterbitkan selama tahun 2014 hingga 2015.

Dalam dokumen yang diungkap oleh harian The Washington Post pada Kamis (20/2/2014), nama pendiri dan mantan CEO Apple tersebut berada dalam daftar prangko yang akan diedarkan pada 2015.

Sebelumnya, Kantor Pos AS telah membentuk komite yang beranggotakan perwakilan masyarakat untuk memberi masukan terhadap gambar prangko yang akan dicetak dan diedarkan. Setiap anggota komite boleh mengajukan subyek atau tokoh agar gambarnya dicetak di prangko.

Agar disetujui, subyek atau tokoh tersebut harus memenuhi kriteria yang ditetapkan Kantor Pos AS. Kriteria itu antara lain, harus kontemporer, tak lekang oleh waktu, relevan, menarik, dan mendidik. Tampaknya, Steve Jobs dianggap memiliki kriteria demikian.

Selain Steve Jobs, tokoh "beken" lain yang gambar dirinya akan dicetak di prangko adalah Johnny Carson, Elvis Presley, dan James Brown.

Susan McGowan, Direktur Eksekutif Kantor Pos AS, mengatakan, daftar tersebut masih bisa berubah. Namun, jika mengingat nama besar Steve Jobs, kecil kemungkinan nama itu dihapus dari daftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com