Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Terbaru Kembali Pakai "Trackpad"

Kompas.com - 25/02/2014, 16:21 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Crackberry
KOMPAS.com — Sejak kehadiran sistem operasi BlackBerry 10 pada Januari 2013, perusahaan BlackBerry asal Kanada tak pernah lagi mendesain ponsel dengan trackpad dan tombol fisik back di bagian depan.

Setelah setahun berlalu, BlackBerry memilih untuk mengembalikan trackpad dan tombol back pada salah satu ponsel barunya.

Kedua tombol tersebut akan hadir pada ponsel terbaru dengan nama resmi BlackBerry Q20. CEO BlackBerry John Chen mengatakan, Q20 merupakan ponsel yang desainnya menyerupai Q10 dengan papan ketik (keyboard) fisik.

"Q20 mengusung gaya ponsel Q10, tetapi dengan trackpad tradisional dan tombol back," kata Chen dalam jumpa pers di ajang Mobile World Congress di Barcelon, Spanyol, Selasa (25/2/2014).

Chen berharap Q20 mampu mengembalikan cita rasa ponsel BlackBery lawas, dan menjadi "senjata ampuh" untuk menarik perhatian pelanggan loyal yang telanjur familiar dengan dua tombol tersebut.

"Mungkin ini sedikit nostalgia. Ketika saya berjalan di sekitar sini pada 60 atau 90 hari terakhir, saya melihat banyak pelanggan yang mencintai keyboard mereka," lanjut Chen.

BlackBerry Q20 rencananya hadir sebelum akhir tahun 2014. Namun, Chen tidak mengungkap berapa harga yang dibanderol untuk perangkat tersebut.

Trackpad merupakan sebuah permukaan datar yang berfungsi menerjemahkan gerakan jari pada suatu posisi di layar ponsel. Selain sebagai penunjuk posisi, trackpad pada ponsel BlackBerry juga bisa ditekan untuk memilih menu.

Sebelum trackpad, BlackBerry menggunakan bola berukuran kecil sebagai penunjuk posisi yang juga dinavigasi oleh jari atau biasa disebut trackball.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com