Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secepat Apa Kinerja Trio Nokia X?

Kompas.com - 26/02/2014, 09:13 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PC World
Trio ponsel Android Nokia X.

KOMPAS.com - Nokia X, X+, dan XL telah hadir. Tiga perangkat dengan sistem operasi Android 4.1.2 ini menandai kiprah perdana Nokia memasuki ekosistem Android yang sudah dipadati banyak pemain lain di industri mobile.

Nah, kalau dibandingkan, kira-kira di mana posisi kinerja trio smartphone Nokia ini di antara smartphone Android yang telah lebih dulu hadir?

PC World menjalankan dua aplikasi benchmark AnTuTu  dan Sunspider pada Nokia X dan XL, lalu membandingkan skor mereka dengan sejumlah smartphone Android lain.

Hasilnya tak terlalu menggembirakan. Performa ponsel Android Nokia dalam kedua benchmark tersebut ternyata berada di papan bawah dengan hasil skor AnTuTu di pada kisaran 7.500 poin. Angka itu juga lebih rendah dibandingkan smartphone Galaxy S II dari Samsung yang dirilis pada 2011.

PC World turut mencatat bahwa sistem operasi Android berjalan kurang mulus Nokia X dan XL, dengan lag yang terjadi ketika pengguna mencoba memindah-mindahkan tile aplikasi ke sekeliling layar. Lag juga dirasakan ketika meluncurkan aplikasi dan berpindah layar.

PC World
Hasil benchmark Nokia X, X , dan XL yang dijalankan oleh PC World

Meski begitu, aplikasi-aplikasi pihak ketiga dapat dijalankan dengan lancar, begitu pula dengan layanan-layanan dari Microsoft yang menggantikan aneka macam layanan dari Google di ketiga perangkat ini.

Artinya, tak seperti seri Asha dari produsen yang sama, trio Nokia X memang benar merupakan smartphone Android sejati yang bisa menjalankan puluhan ribu aplikasi di platform tersebut.

Soal kinerja sendiri sedari awal memang bukan prioritas Nokia dalam menelurkan tiga perangkat entry-level yang dipersenjatai prosesor dual-core Snapdragon 200 1GHz ini. Nokia X, X+, dan XL pun dibanderol dengan harga relatif terjangkau dalam kisaran Rp 1,5-1,8 juta.

Nokia X dan X+ sama-sama dilengkapi layar 4 inci dengan resolusi 800x400, kamera 3 megapixel, kapasitas memori internal 4GB, dan dukungan dual-SIM. Perbedaan antara keduanya antara lain terletak pada kapasitas RAM Nokia X+ yang lebih besar, yaitu 768 MB berbanding 512 MB pada Nokia X.

Adapun Nokia XL mengusung ukuran layar 5 inci (800x400), RAM 768MB, kapasitas memori internal 4GB, serta kamera 5 megapixel dan 2 megapixel. Informasi selengkapnya mengenai perbedaan spesifikasi ketiga ponsel dapat dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com