Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Dingin Microsoft Pengaruhi Nokia X?

Kompas.com - 27/02/2014, 08:51 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Nokia akhirnya merilis smartphone dengan sistem operasi Android, Nokia X. Smartphone yang sebelumnya memiliki nama sandi "Normandy" tersebut menjadi langkah pertama Nokia di platform Android.

Keputusan Nokia tersebut ternyata disambut dingin oleh Microsoft. "Sebagai perusahaan, Nokia bebas mau berbuat apa saja, namun ada langkah-langkah Nokia yang kami suka dan ada juga yang tidak," kata Senior Vice President Windows Phone, Joe Belfiore, seperti dikutip The Verge, Selasa (25/2/2014).

Sebagaimana kita ketahui sebelumnya, Microsoft sedang dalam tahap proses mengakuisisi pabrikan ponsel Finlandia tersebut. Divisi riset dan mobile Nokia akan menjadi milik Microsoft, yang notabene sedang mengembangkan platform Windows Phone.

Dalam blog resminya, Microsoft mengatakan bahwa pihaknya senang mengetahui Nokia X menyertakan layanan Microsoft, seperti Skype, OneDrive, dan Outlook.com. Namun Microsoft juga menegaskan bahwa perusahaan tetap fokus dengan strategi utamanya, yaitu membuat smartphone Windows Phone.

Nokia juga nampak berhati-hati dalam press rilis resminya yang dikeluarkan di ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2014.

Dalam press rilis tersebut, Nokia terlihat mencoba menghindari penggunaan kata "menjalankan aplikasi Android," alih-alih "pengenalan terhadap layanan Microsoft," atau "terinspirasi oleh keluarga Lumia."

Tak heran jika Nokia sangat berhati-hati, sebab Nokia X memang menyasar segmentasi pasar yang sama dengan smartphone Windows Phone yang dibuat Microsoft, yaitu pasar negara-negara yang berkembang.

Nokia sebenarnya tidak salah sepenuhnya jika mengembangkan smartphone Android. Sebab, jika melihat spesifikasi Nokia X yang mengusung versi Android 4.1.2, alih-alih versi 4.4 KitKat maka bisa disimpulkan bahwa proyek tersebut sudah dimulai paling tidak 18 bulan yang lalu, saat kesepakatan dengan Microsoft belum tercapai.

Nokia X bakal dimatikan Microsoft?

Lalu apakah saat proses akuisisi Microsoft terhadap Nokia nanti selesai, proyek Android X akan dihentikan? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak.

"Saya rasa Microsoft akan tetap mempertahankan keluarga X setelah mengakuisisi Nokia, setidaknya untuk beberapa waktu," ujar Jack Gold, analis dari J. Gold Associate seperti dikutip dari Computer World. "Namun, tentu saja keputusannya tergantung pada kesuksesan Nokia X," imbuh Gold.

Sementara, menurut analis dari Moor Insight & Strategy, Patrick Moorhead, dalam jangka panjang, Microsoft tidak akan mempertahankan Nokia X, sebab smartphone tersebut bertentangan dengan misi besar Microsoft yang disebut "Windows Everywhere," serta bisa membingungkan developer.

Jadi, jika Microsoft ingin mengembangkan layanannya, mereka bisa mempertahankan Nokia X untuk memperluas ekosistem. Selain menyebarkan layanan Microsoft melalui Windows Phone, mereka juga bisa mendompleng platform Android Nokia di pasar negara berkembang.

Hal tersebut sesuai dengan strategi yang dicanangkan Satya Nadella semenjak menjabat menjadi CEO Microsoft, yaitu menyebarkan layanan mobile cloud Microsoft ke lebih banyak pengguna lagi.

Namun, jika fokus utama Microsoft adalah mencari untung dari lisensi software, maka Nokia X bisa dianggap mengancam keberadaannya, dan Microsoft bisa saja menghentikan proyek tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com