Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan Prosesor 6 dan 8 Core

Kompas.com - 27/02/2014, 14:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Selain rangkaian gadget baru, ajang Mobile World Congress 2014 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol juga dimanfaatkan Samsung untuk memperkenalkan sepasang prosesor mobile baru, Exynos 5 Octa 5422 dan  Exynos 5 Hexa 5260.

Meski tak mengusung arsitektur 64-bit seperti diperkirakan sebelumnya, kedua prosesor ini dibekali inti pemrosesan (core) berjumlah banyak.

Sebagaimana dikutip dari Ars Technica, Exynos 5 Octa 5422 adalah model dengan delapan buah core yang terdiri dari empat buah core Cortex A15 berkecepatan 2,1 GHz dan empat core Cortex A7 1,5 GHz. Pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah ARM Mali T628 MP6.

Kedelapan core milik Exynos 5 Octa 5422 dijalankan dalam konfigurasi big.LITTLE di mana core A15 menangani tugas-tugas yang menuntut performa tinggi sementara core A7 akan mengambil alih tugas-tugas ringan untuk menghemat daya.

Berbeda dengan model terdahulu yang dirilis setahun lalu, kedelapan core pada Exynos 5 Octa 5422 bisa diaktifkan sekaligus apabila diperlukan.

Prosesor yang menduduki posisi teratas di hierarki chip mobile Samsung ini rencananya bakal ditanamkan di sejumlah versi internasional dari smartphone Galaxy S5.

Versi ponsel tersebut yang diumumkan Senin, 24 Februari lalu menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon dan ditujukan untuk pasar Amerika Serikat.

Strategi prosesor berbeda untuk pasar berbeda ini sebelumnya pernah diterapkan Samsung pada Galaxy S4.

Adapun Exynos 5 Hexa 5260 merupakan prosesor mid-range yang dipersenjatai 6 buah core, terdiri dari empat core Cortex A7 1,3 GHz dan dua core Cortex A15 1,7 GHz. GPU yang digunakan belum diketahui, tapi dipastikan berasal dari kelUarga ARM Mali.

Exynos 5 Hexa 5260 bisa lebih menghemat konsumsi daya karena hanya dilengkapi core berkinerja tinggi dalam jumlah lebih sedikit dari saudaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com