Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang, Ponsel Muncul di Korea Utara

Kompas.com - 28/02/2014, 16:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Perbatasan antara Korea Utara dan Selatan merupakan salah satu yang paling dijaga ketat di dunia. Siapa sangka, sebuah ponsel bisa menerobos penjagaan tentara kedua negara itu tanpa ditemani pemiliknya.

Alkisah, seperti dilaporkan oleh Korea Herald, baru-baru ini seorang pemilik, warga Korea Selatan, kehilangan sebuah smartphone.

Dia lalu mencoba melacak perangkat itu dengan memakai layanan GPS tracking. Pada 12 Februari lalu, smartphone yang bersangkutan akhirnya "memberi kabar".

Yang tak disangka-sangka oleh sang pemilik, data GPS menyebutkan bahwa smartphone tersebut ternyata sudah menyeberangi perbatasan dan sedang berada di Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Gambar lokasi ponsel lalu diunggah ke Facebook, lengkap dengan komentar "smartphone membelot ke Korea Utara". Dari sana gambar itu menyebar luas melalui jejaring-jejaring sosial di Korea Selatan.

Komentar-komentar pun bermunculan. "Itu Galaxy S3! Ternyata bisa berfungsi di Korea Utara," bunyi salah satunya. Komentar lain bernada canda menyatakan bahwa ponsel tersebut telah digunakan dalam kegiatan mata-mata.

Namun, ada pula orang senasib yang mengatakan bahwa ponsel miliknya kini berada di Mongolia.

Mengapa ponsel dari Korea Selatan bisa berakhir di negeri tetangga? Rupanya, di negeri ini memang ada jaringan penyelundup yang menyalurkan ponsel hasil curian ke negara-negara tadi, biasanya melalui China. Entah bagaimana cara mereka mengatasi rintangan di perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com