Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duo Snapdragon 64-bit Telah Diperkenalkan

Kompas.com - 02/03/2014, 10:20 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Prosesor seri Snapdragon buatan Qualcomm

KOMPAS.com - Ajang Mobile World Congress (MWC), yang telah digelar pada akhir Februari 2014 di Barcelona, Spanyol, turut dimanfaatkan Qualcomm untuk memperkenalkan dua mode chip baru, Snapdragon 610 dan 615 yang ditujukan untuk gadget high-end.

Keduanya merupakan prosesor dengan dukungan arsitektur 64-bit ARMv8. Snapdragon 610 dibekali dengan empat buah inti (quad-core), sementara saudaranya, Snapdragon 615, memiliki inti berjumlah dua kali lebih banyak, yaitu 8 buah (octa-core).

Fitur lain yang turut dibenamkan Qualcomm pada dua prosesor System-on-Chip ini termasuk pengolah grafis Adreno 405, model LTE Kategori 6, WiFi, Bluetooth, serta serangkaian dukungan konektivitas dan sensor lainnya.

Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, pabrikan chip ini telah lebih dulu memperkenalkan prosesor 64-bit Snapdragon 410 yang ditujukan bagi smartphone mainstream di negara-negara berkembang.

"(Para produsen handset) kini memiliki portfolio produk lengkap yang bisa mendukung konektsi LTE dari entry level ke tingkatan Snapdragon 600," ujar wakil presiden bisnis mobile dan komputasi Qualcomm Cristiano Amon, sebagaimana dikutip oleh Cnet.

Qualcomm menyusul langkah Apple yang pertama kali menghadirkan prosesor mobile 64-bit dalam bentuk chip A7 ARMv8 pada ponsel pintar iPhone 5S. Setelah itu, produsen chip asal Taiwan, MediaTek, telah pula memperkenalkan chip 64-bit octa core.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com