Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeran "Steve Jobs" Desain Ponsel Lenovo

Kompas.com - 03/03/2014, 08:22 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com — Akhir Oktober 2013 lalu, Lenovo membuat sebuah keputusan yang cukup mengejutkan. Perusahaan komputer asal China tersebut memutuskan untuk merekrut aktor Ashton Kutcher sebagai insinyur produk.

Setelah sempat berperan hanya sebagai bintang iklan salah satu produk Lenovo, peran Kutcher dalam tim insinyur akhirnya akan segera terlihat. Menurut Chief Marketing Officer David Roman kepada situs Recode, Minggu (2/3/2014), Kutcher saat ini sedang mendesain sebuah lini dari ponsel edisi spesial untuk Lenovo.

Akan tetapi, pemeran Steve Jobs dalam film layar lebar Jobs ini sesungguhnya tidak mengerjakan desain ponsel secara keseluruhan. Roman mengungkapkan bahwa Kutcher lebih berperan mendesain pengalaman penggunaan perangkat.

"Saya tahu dalam suatu tingkatan, ini terdengar klise, tetapi hal tersebut adalah nyata," ucap Roman. "Dia (Kuthcer) tidak melihat bahwa dirinya sebagai insinyur, tetapi dia adalah insinyur. Jika melihat masalah, ia ingin menyelesaikannya."

Empat bulan lalu, Kutcher mengemban sebuah tugas yang terbilang baru dalam sejarah hidupnya. Bergabung dengan Lenovo, ia bekerja bersama dengan tim insinyur untuk mengembangkan lini produk tablet dan komputer pribadi berbasis Windows 8, Windows RT, dan Android. Sebelumnya, Kutcher lebih dikenal sebagai aktor film layar lebar.

Tugas pertamanya adalah mempromosikan komputer convertible Lenovo Yoga dalam iklan video, di mana ia dengan bangga memamerkan kartu tanda pengenal karyawan Lenovo.

Kutcher, yang sebelumnya mengemban kuliah teknik biokimia di University of Iowa, diharapkan dapat memberi masukan dalam pengambilan keputusan terkait desain, spesifikasi, perangkat lunak, dan lainnya.

Kutcher sendiri bukan satu-satunya selebriti yang bekerja di dunia teknologi. Belakangan ini, beberapa perusahaan teknologi melakukan upaya pencitraan yang unik. Mereka merekrut selebriti untuk jadi karyawan.

Contohnya, Intel merekrut penyanyi Will.i.am sebagai Direktur Inovasi Kreatif, Polaroid merekrut Lady Gaga menjadi Direktur Kreatif, dan BlackBerry merekrut Alicia Keys sebagai Direktur Kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com