Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tunjuk LG Garap Nexus 6

Kompas.com - 07/03/2014, 16:58 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Gizmodo
KOMPAS.com- Smartphone Nexus akan mendapatkan pembaruan lagi tahun ini. Google selaku pemegang lisensi Nexus kembali memercayakan desain dan produksi smartphone Android andalannya tersebut kepada vendor Korea, LG.

Kesepakatan antara Gooogle dengan LG tersebut diberitakan oleh Gizmodo , Selasa (4/3/2014) berlangsung pada kesempatan pameran Mobile World Congres 2014 di Barcelona akhir Februari lalu.

Penunjukkan LG oleh Google didasari pada kerja sama smartphone Nexus sebelumnya, yaitu Nexus 4 dan Nexus 5, serta LG G Pad 8.3 Google Play Edition. Karena itu, LG dianggap sebagai kandidat kuat untuk membuat Nexus 6.

Dengan demikian, berita tersebut membantah rumor yang beredar sebelumnya bahwa brand Nexus akan mengusung logo Lenovo-Motorola.

Menurut Gizmodo, generasi Nexus baru akan dibangun berdasar smartphone andalan LG G3. Hanya saja, spesifikasinya akan dibuat sedikit lebih 'ringan." Walau demikian, Nexus 6 tetap akan memiliki spesifikasi lebih canggih dibanding pendahulunya, Nexus 5.

Rumor yang beredar menyebut Nexus baru akan memiliki layar Quad HD, CPU Snapdragon 810 8 core, prosesor 64 bit, dan kamera 16 megapixel. Spesifikasi tersebut memiliki kemiripan dengan LG G3. Dan sudah menjadi tradisi, smartphone Nexus akan menggunakan kali pertama sistem operasi Android terbaru yang diprediksi versi 4.5.

Google masih belum menguumkan kapan Nexus 6 akan dirilis. Namun Head of Android Google, Sundar Pichai mengatakan bahwa smartphone unggulan Google tersebut tidak akan muncul hingga kuartal tiga tahun 2014 ini.

Namun, jika menilik sejarah ke belakang, perangkat Nexus biasanya diperkenalkan di ajang tahunan Google I/O yang tahun ini akan dadakan di bulan juni.

Kemungkinan besar, Google akan memperkenalkan Nexus 6 di ajang konferensi developer tersebut, serta mengumumkan ketersediaannya di minggu-minggu berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com