Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple dan BlackBerry "Kerja Sama" di Sektor Otomotif

Kompas.com - 08/03/2014, 10:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber N4BB,Time

KOMPAS.com - Apple dan BlackBerry ternyata menjalin "kerja sama" untuk mengembangkan software di sektor otomotif. Software yang dimaksud adalah Apple CarPlay, sebuah sistem mirip iOS namun khusus digunakan di dalam mobil.

CarPlay merupakan antarmuka yang menghubungkan ponsel pintar iPhone dengan mobil untuk menjalankan berbagai fungsi informasi dan hiburan di dalam kendaraan, misalnya mengganti saluran radio atau mengakses layanan perintah suara Siri.

Menurut informasi yang diwartakan Time, CarPlay ternyata berjalan di atas platform QNX yang tak lain dimiliki oleh BlackBerry sejak 2010 lalu. Sebelum berpindah menjadi sistem operasi ponsel pintar, QNX telah lebih dahulu digunakan di industri otomotif.

BlackBerry sebelumnya juga memanfaatkan QNX sebagai basis sistem operasi tablet BlackBerry PlayBook yang gagal mencapai sukses di pasar global. Kini, QNX digunakan untuk membangun dan mengembangkan sistem operasi BlackBerry 10 yang tertanam di jajaran ponsel pintar terbaru BlackBerry.

"Kami memang memiliki hubungan panjang dengan Apple untuk memastikan koneksi berkualitas tinggi dengan perangkat-perangkat mereka. Kemitraan ini berlanjut ke dukungan untuk Apple CarPlay," ungkap juru bicara BlackBerry, Paul Leroux, kepada N4BB.

Apple sendiri telah menjalin kerjasama dengan sejumlah produsen mobil untuk mengaplikasikan CarPlay di kendaraan. Nama-nama yang termasuk di dalamnya adalah Ford, General Motors, Honda, Hyundai, BMW, Kia, Nissan, dan Toyota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber N4BB,Time
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com