Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review: Acer Liquid Z5, Android dengan Tombol "Selfie"

Kompas.com - 10/03/2014, 11:36 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah “selfie” atau aktivitas memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain menjadi tren sejak 2013. Tren ini tak lepas dari keinginan pengguna ponsel untuk memotret dirinya sendiri serta ketersediaan beragam ponsel canggih untuk melakukan selfie.

Salah satu produsen ponsel yang mendukung tren selfie adalah Acer melalui produk Liquid Z5. Ponsel ini dipasarkan di Indonesia sejak akhir Februari 2014 dengan harga Rp 2,3 juta.

Liquid Z5 tampil cukup baik jika dilihat dari desain fisiknya. Ketebalannya hanya 8,8mm dan bobotnya juga ringan lantaran terbuat dari materi plastik. Tampilan luarnya dipercantik dengan dua speaker dengan teknologi Dolby DTS di sisi atas dan bawah layar. Sementara panel belakangnya diberi warna abu-abu.

Oik Yusuf/Kompas.com
Layar Acer Liquid Z5
Oik Yusuf/Kompas.com
Ketebalan Acer Liquid Z5
Dengan banderol harga yang terjangkau, Liquid Z5 jelas hanya dibekali spesifikasi komponen kelas menengah ke bawah. Layarnya memang berukuran besar, tetapi hanya mendukung resolusi 854 x 480 pixel yang membuat tampilan teks atau gambar tidak cemerlang.

Prosesor yang digunakan adalah MediaTek MT6572 1,3GHz jenis dual-core Cortex-A7. Lalu ada unit prosesor grafis Mali-400, RAM 512MB, memori internal 4GB yang dapat diperluas dengan kartu Micro SD hingga 32GB, baterai 2.000mAh, dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean).

Oik Yusuf/Kompas.com
Speaker atas
Oik Yusuf/Kompas.com
Speaker bawah
Komponen ini tidak membuat Liquid Z5 sebagai ponsel yang tangguh. Ia boleh gegas ketika sekadar digunakan untuk berpindah halaman atau berselancar internet. Namun, jika dipakai untuk membuka banyak aplikasi atau memainkan game kelas berat, Liquid Z5 kewalahan dan gagap.

Tombol selfie

Satu hal yang menarik dari Liquid Z5 adalah keberadaan tombol untuk memotret diri sendiri. Tombol yang terintegrasi dengan fitur AcerRapid itu berada di bawah unit kamera bagian belakang.

Oik Yusuf/Kompas.com
Tombol
Selain untuk memotret, tombol tersebut juga berfungsi untuk menerima panggilan telepon atau sebagai jalan pintas ke sebuah aplikasi favorit, seperti pemutar musik, browser, kalkulator, email, Facebook, hingga YouTube.

Jika pengguna menekan tombol tersebut selama kurang lebih 2 sampai 3 detik, otomatis akan masuk ke fitur kamera.

KompasTekno merasa letak tombol itu sangat pas. Jari telunjuk dengan mudah menemukan tombol tanpa harus meraba-raba. Namun, sebagian orang yang belum familiar dengan letaknya terlebih dulu harus mencari-cari tombol dan terkadang sidik jari mereka membekas di lensa kamera. Acer sudah mengatasi masalah tersebut dengan mendesain unit kamera yang menonjol sehingga pengguna dapat merasakan jika jarinya menyentuh lensa.

Hasil foto yang dihasilkan dari kamera belakang Liquid Z5 bisa disebut lumayan untuk sebuah ponsel di kisaran harga Rp 2,3 juta. Kamera belakang ini dibekali sensor 5MP, lensa f/2.4, serta lampu kilat LED.

Salah satu kekurangan Liquid Z5 terletak pada kamera depan yang buruk. Sebuah sensor kamera VGA jelas tak mampu mengangkat warna jika pengguna mengambil foto di dalam ruangan yang pencahayaannya berasal dari lampu. Hal ini sungguh disayangkan, padahal kamera depan adalah komponen penting jika Acer sungguh-sungguh membuat ponsel untuk mendukung aktivitas selfie.

Pengguna juga tidak dapat menentukan fokus jika memotret dengan kamera depan. Selain itu, baik kamera depan dan belakang, tidak dibekali fitur image stabilzer yang berfungsi meredam guncangan saat mengambil gambar.

Adanya pilihan self timer 2 detik atau 10 detik setelah menekan tombol selfie bisa dimanfaatkan pengguna untuk meminimalkan gerak tangan ketika memotret dengan kamera depan. Berikut adalah hasil foto kamera depan Liquid Z5 saat memotret di luar ruangan pada siang hari:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com