Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bikin Cakram Optis 1 TeraByte

Kompas.com - 11/03/2014, 14:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo Archival Disc

KOMPAS.com - Sebesar apa kapasitas data yang mampu ditampung oleh sebuah cakram optis? Blu-ray disc yang selama ini dikenal memiliki daya tampung terbesar mampu memuat data hingga 128 GB (4 layer).

Batasan itu kini telah ditembus oleh kolaborasi Sony dan Panasonic yang membuat cakram optis tipe baru bernama Archival Disc yang sanggup menyimpan data hingga 1 terabyte atau 1.000 GB. Sebagaimana dikutip dari Pocket Lint, medua tersebut baru saja diperkenalkan pada Senin (10/3/2014).

Sesuai namanya, Archival Disc diperuntukkan bagi keperluan pengarsipan profesional atau penyimpanan data jangka panjang.

Media penyimpanan ini disebut memiliki ketahanan tinggi terhadap perubahan kondisi lingkungan, termasuk fluktuasi temperatur dan kelembapan, di samping tahan air dan debu.

Sony dan Panasonic juga menjanjikan "kompatibilitas antar-generasi". Artinya, data dalam format lama yang disimpan dalam Archival Disc tetap bisa dibaca oleh perangkat yang muncul di masa depan.

Rencananya Archival Disc akan mulai ditawarkan pada pertengahan 2015 dengan kapasitas awal sebesar 300GB. Peningkatan kapasitas menjadi 1TB dijadwalkan menyusul kemudian.
 
Sebelum ini, raksasa jejaring sosial Facebook telah mengumumkan bakal beralih ke media penyimpanan berbasis cakram optis (Blu-ray) untuk menyimpan sebagian data pengguna.

Media cakram optis dinilai lebih hemat biaya dan energi untuk digunakan sebagai cold storage dibandingkan metode konvensional yang melibatkan hard disk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com