Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PIN BBM Bakal Bisa Diganti Sesukanya?

Kompas.com - 11/03/2014, 15:10 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber N4BB
KOMPAS.com — Para pengguna layanan BlackBerry Messenger (BBM) akan dapat membuat PIN sendiri. Namun, pengguna tampaknya harus membayar untuk memanfaatkan fitur semacam itu.

Saat ini, pengguna memang tidak bisa membuat PIN BBM sendiri. Pengguna akan mendapatkan sebuah PIN, yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf, saat mendaftar ke aplikasi tersebut.

Jangan gembira dulu, fitur ubah PIN tersebut barulah sebatas keinginan dari pengguna BlackBerry yang ditangkap dari sebuah survei.

Survei yang diadakan oleh BlackBerry, dan berhasil didapatkan oleh situs N4BB, menanyakan kepada para responden apakah mereka tertarik membuat sendiri PIN BBM atau tidak.

"Jika Anda dapat mempersonalisasikan PIN BBM Anda (misal, 11112222, COOLDUDE, BB3RRY10), seberapa tertarik Anda untuk membuatnya secara personal untuk Anda?" demikian salah satu isi pertanyaan survei tersebut.

Lebih lanjut, BlackBerry menanyakan, berapa besar uang yang paling pantas dikeluarkan oleh pengguna untuk menggunakan fitur tersebut. Berdasarkan pertanyaan ini, diduga BlackBerry akan menarik sejumlah biaya apabila pengguna tertarik menggunakan fitur personalisasi BBM ini.

Belum ada kejelasan apakah BlackBerry akan membuat fitur ubah PIN BBM tersebut di masa depan.

Saat ini, BlackBerry memiliki beberapa strategi untuk mendapatkan uang dari aplikasi yang telah dilepasnya ke platform Android dan iOS ini. Salah satu contoh yang akan dilakukan adalah dengan memasang iklan di halaman updates BBM.

Jika BlackBerry jadi merilis fitur personalisasi BBM ini, tertarikah Anda  untuk menggunakannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber N4BB
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com