Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Janjikan Peta "Anti-Nyasar" di iOS 8

Kompas.com - 13/03/2014, 10:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Layanan peta yang diperkenalkan Apple di iOS 6 selama ini menuai banyak kritikan. Peta yang dikembangkan Apple tersebut memiliki banyak kelemahan dibanding Google Mpas. Namun, tak lama lagi Apple akan membenahinya.

Rencananya Apple akan memperbaiki layanan peta tersebut bersamaan dengan diluncurkannya sistem operasi iOS 8.

Dilansir dari 9to5Mac, jajaran eksekutif Apple termasuk CEO Tim Cook, Senior Vice Presidents, Eddy Cue dan Craig Federighi mengatakan, Apple saat ini sedang menggodok aplikasi Maps "anti-nyasar" dalam iOS 8.

Para eksekutif Apple tersebut lebih menekankan pada tingkat akurasi dan realibilitas aplikasi Maps dalam iOS, alih-alih perbaikan tampilan.

Rencananya, Apple akan memperbanyak fungsi Public Transit dalam aplikasi peta buatannya. Dengan demikian, pengguna yang ingin bepergian dengan angkutan umum seperti bus atau kereta bisa mengetahui rute mana saja yang harus digunakan.

Selain itu, Maps dalam iOS8 juga akan diberikan data Point of Interest yang lebih banyak, sehingga pengguna bisa mencari suau lokasi dengan lebih cepat dan mudah.

Sebelumnya, peta dalam iOS menuai banyak kritikan karena tidak akurat, seperti suatu tempat yang seharusnya pemukiman namun ditampilkan sebagai taman. Selain itu, rute perjalanan yang dianjurkan peta Apple juga kadang melewati jalan yang tidak seharusnya boleh dilewati.

Buntut dari kegagalan tersebut, Apple memecat kepala divisi Apple Maps, Richard Williamson. Kepala divisi aplikasi iOS, Scott Forstall diminta untuk mengundurkan diri pada November 2012 lalu.

Kini Apple mengatakan ingin membangun aplikasi Maps yang setidaknya bisa mendekati Google Maps. Apple menatakan peta buatannya akan memenuhi standar yang tinggi bagi para penggunanya. Benarkah? Mari kita tunggu bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com