Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vendor Android Latah Fitur Tahan Air

Kompas.com - 13/03/2014, 13:37 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ETNews


KOMPAS.com - Tren smartphone yang tangguh alias tahan air dan cuaca semakin marak. Setelah Sony meluncurkan lini Xperia Z yang tahan air, dan Samsung dengan Galaxy S4 Active, kini LG disebut juga menyematkan kemampuan yang sama dalam smartphone buatannya.

Media Korea ETNews mengabarkan bahwa LG akan menyematkan fitur tahan air dan debu ke dalam varian smartphone unggulannya, LG G3. Namun, LG belum memberikan kepastian kapan fitur tersebut mulai diperkenalkan.

"Fitur tahan air dan debu akan semakin banyak diadopsi di masa depan, karena itu dalam smartphone kami di masa depan, kami juga akan menambahkan fitur tersebut bersamaan dengan inovasi hardware lainnya," demikian keterangan resmi LG.

Sebelumnya LG juga pernah memiliki portfolio smartphone tahan air, yaitu Optimus GJ yang bisa dibawa menyelam hingga 30 meter.

Smartphone lain yang berencana menambahkan fitur tahan air dan kotoran ini antara lain Motorola DROID yang diklaim tahan terhadap cipratan, walau kabar ini belum dikonfirmasi langsung oleh Motorola.

Vendor lain, seperti HTC dan Samsung, telah mengantongi sertifikasi IPX5 dan IPX6, seperti dalam HTC Butterfly yang tahan terhadap semprotan air. Samsung bahkan berencana untuk mendapatkan sertifikasi IP6 atau 7 untuk Galaxy S5-nya.

Rating skala IP menunjukkan ketahanan suatu produk terhadap air. Skala yang digunakan yaitu antara IPX0 hingga IPX8. Rating 0 menunjukkan suatu produk tidak boleh kena tetesan air, sementara 8 menunjukkan nboleh dibawa untuk menyelam.

Selain Galaxy S5 dan LG G3, kompetitor lain yang juga akan menambahkan fitu tahan air dan debut adalah HTC One terbaru.

Walau masih spekulasi, dengan semakin banyaknya vendor yang berencana menambahkan fitur ketahanan terhadap air dan debu tersebut memunculkan pertanyaan, apakah konsumen benar-benar membutuhkannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ETNews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com