Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor 64-bit Apple Melaju, Android Tertinggal

Kompas.com - 16/03/2014, 11:52 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PCWorld
Prosesor Apple A7 pada iPhone 5S

KOMPAS.com - Apple memulai tren prosesor 64-bit di perangkat mobile melalui prosesor seri A7 yang diperkenalkan September 2013 lalu. Dikutip dari PC World, firma riset ABI Research memperkirakan sebanyak 182 juta unit prosesor mobile 64-bit bakal dikapalkan sepanjang 2014.

Dari jumlah tersebut, sebagian pangsa pasar akan dikuasai oleh prosesor Apple A7 yang digunakan di iPhone dan iPad. Perangkat Android diprediksi hanya kebagian sekitar 20 persen. Versi prosesor 64-bit untuk sistem operasi Android sendiri diestimasi baru akan hadir pada paruh kedua 2014.

Namun, keadaan itu diprediksi akan terbalik dalam jangka waktu empat tahun. Pada 2018, diperkirakan angka pengiriman prosesor mobile 64-bit akan mencapai 1,12 miliar unit dengan 60 persen pangsa pasar dikuasai Android, 30 persen oleh Apple, sementara sisanya oleh perangkat Windows Phone.

Seperti komputer pribadi, perlahan tapi pasti, smartphone dan tablet akan mengalami transisi prosesor menuju format 64-bit. Perangkat dengan prosesor 64-bit bisa memiliki memori lebih dari 4GB, ada pula peningkatan lain berupa kinerja video dan kompresi yang meningkat, demikian juga dengan tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan berat.

Sistem operasi mobile iOS 7 telah mendukung 64-bit, sementara versi 64-bit dari Android baru tersedia untuk prosesor berarsitektur x86 (Intel), bukan ARM yang paling banyak dipakai. Google belum mau berkomentar mengenai jadwal pasti ketersediaan Android ARM 64-bit.

ABI Research menyatakan bahwa para pelaku industri mobile dengan cepat berusaha untuk membuat prosesor-prosesor mobile 64-bit, tapi hal ini lebih bersifat mengejar ketertinggalan dari Apple.

Sejak kemunculan A7, sejumlah produsen prosesor seperti Nvidia, Samsung, dan Qualcomm, telah menyatakan komitmen untuk membuat prosesor 64-bit di perangkat mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PCWorld
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com