Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone "Android-Windows", Keren tapi Ribet

Kompas.com - 22/03/2014, 13:19 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com — Microsoft dan Google telah meminta agar para vendor tidak membuat perangkat dengan fitur dual-boot OS, Android dan Windows Phone. Mungkin banyak yang menyayangkan sikap kedua raksasa TI tersebut. Namun, ada juga yang justru mendukung.

Pengamat teknologi Peter Bright dari situs Ars Technica mengatakan, perangkat dual-OS memang kedengarannya canggih dan keren. Namun, fitur tersebut hanya akan membuat banyak pengguna bingung dan kesulitan.

Seperti dikutip dari BGR, Bright berkomentar bahwa aplikasi Google dan Microsoft satu dengan yang lainnya tidak saling terhubung, bahkan tidak saling mengakui keberadaan masing-masing dalam sistem.

Dengan memiliki sistem operasi ganda, jumlah aplikasi yang dipakai pengguna menjadi dua kali lipat, dengan asumsi bahwa mereka meng-install aplikasi yang sama di dua platform berbeda. Hal tersebut justru malah akan memakan ruang penyimpanan internal smartphone, yang saat ini kian terbatas.

Selain itu, Bright juga berkomentar bahwa tidak ada pengguna yang ingin repot-repot harus me-restart perangkatnya untuk berganti sistem operasi. Belum lagi jika pengguna ternyata salah menggunakan sistem operasi di tengah-tengah mengerjakan sesuatu.

Menurut Bright, smartphone dual-OS lebih berguna bagi para developer aplikasi ketimbang pengguna awam. Developer sering kali harus mencoba aplikasi buatan mereka di dua platform berbeda.

Asus memang telah diminta Google dan Microsoft untuk menghentikan produksi perangkat dual-OS-nya. Begitu juga dengan Huawei, mereka batal memproduksi produk serupa, setelah sebelumnya mengumumkan akan meluncurkan smartphone dengan OS Android dan Windows pada kuartal kedua 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com