Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Patenkan Kamera Layar Transparan

Kompas.com - 23/03/2014, 15:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Pengguna kamera biasanya tak melakukan kontak mata secara langsung dengan subyek foto yang dipandang melalui jendela bidik atau layar LCD. Samsung rupanya berniat mengubah hal tersebut melalui paten kamera dengan teknologi layar transparan.

Sebagaimana dilaporkan oleh BGR, kamera dengan layar transparan ini tak hanya memungkinkan pengguna kamera melihat gambar yang diambil tapi juga memandang langsung ke arah subyek foto.

"Desain kamera digital ini melibatkan layar transparan sehingga pengambil gambar dan subyek foto bisa saling memandang dan menjaga kontak mata secara langsung," jelas deskripsi dalam paten yang diresmikan di Korea Selatan tersebut.

Entah layar transparan benar-benar diperlukan atau malah mempersulit pengambilan gambar. Yang jelas, kecuali layar tersebut, konsep kamera dari Samsung ini agaknya tak menawarkan kelebihan lain untuk meningkatkan kualitas foto.

Dalam gambar di dokumen paten, perangkat ini terlihat tipis dan lebih mirip kamera saku dibandingkan model profesional. Kamera konsep tersebut akan turut dibekali komponen-komponen dasar seperti lensa, flash, tombol power, dan tentu saja, layar lebar yang transparan.

Dimensi fisiknya sendiri tak dijabarkan sehingga ukuran asli kamera ini, apabila nanti benar-benar terwujud, belum bisa ditebak.

Samsung belakangan memang terus mencoba berinovasi untuk menembus pasar kamera yang selama ini didominasi oleh perusahaan Jepang. Raksasa elektronik Korea itu telah menelurkan sejumlah model kamera, termasuk dari jenis mirrorless dan kamera yang dilengkapi sistem operasi Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com