Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kiamat Windows XP" Tinggal Hitungan Hari

Kompas.com - 25/03/2014, 13:23 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Neowin
KOMPAS.com — Tenggat waktu penghentian dukungan Microsoft terhadap sistem operasi Windows XP semakin dekat. Lalu, bakal seperti apa komputasi dengan Windows XP setelah 8 April nanti?

Menurut situs teknologi Neowin, setelah berhentinya dukungan Microsoft terhadap XP, artinya jika celah keamanan baru muncul di dalam sistem operasi yang telah berumur 13 tahun ini, Microsoft tidak akan merilis lubang tambalannya.

Artinya, jika Anda memiliki sistem yang menjalankan OS Windows XP, setelah 8 April nanti, kemungkinan serangan dari banyak malware akan terjadi. Bahkan, saat ini mungkin para peretas sedang menyiapkan malware tersebut untuk dirilis.

Ramalan Neowin yang mengatakan bahwa setelah 8 April akan semakin banyak serangan terhadap XP juga memiliki dasar. Ibaratnya, jika peretas sudah tahu bahwa Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap XP, malware yang mereka ciptakan tak akan disebar saat ini juga.

Mereka pasti menunggu waktu yang tepat, yaitu setelah 8 April, waktu di mana Microsoft telah menghentikan segala bentuk dukungan terhadap OS Windows XP.

Dengan demikian, 9 April akan menjadi awal dari "kiamat Windows XP" alias masa di mana malware-malware baru Windows XP, yang sudah disiapkan sebelum, akan banyak bermunculan. Pada tanggal tersebut, jumlahnya diprediksi akan meningkat drastis.

Pengguna XP bisa saja mengandalkan aplikasi atau layanan pihak ketiga untuk menangkis serangan malware tersebut. Namun, hal itu juga tidak menjamin keamanan sepenuhnya. Beberapa layanan tersebut juga memiliki tenggat waktu.

Selain itu, Microsoft juga telah menawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar untuk menggunakan apa yang mereka sebut Extended Support untuk platform XP, tetapi harga yang ditawarkan Microsoft mahal.

Perusahaan perbankan bisa saja menghabiskan 100 juta dollar AS untuk menjaga dan melindungi mesin ATM mereka yang masih menggunakan Windows XP.

Banyak alasan dari pengguna mengapa mereka tetap memilih XP. Di antaranya, untuk apa upgrade ke Windows 7 atau 8 jika XP saja sudah cukup. Ditambah lagi saat ini masih banyak solusi anti-malware dari pihak ketiga yang beredar.

Apa pun alasannya, Windows 7 dan 8 dibangun dengan arsitektur yang lebih modern dan bisa memanfaatkan hardware secara optimal. Di samping itu, proteksi keamanannya dijamin langsung oleh Microsoft.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Neowin
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com