Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Luncurkan XKoin untuk Pecinta Game Online

Kompas.com - 27/03/2014, 13:13 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah bertumbuhnya industri game online di Indonesia, perusahaan telekomunikasi XL Axiata memanfaatkan momentum tersebut dengan meluncurkan XKoin, sebuah mekanisme pembelian kredit game melalui potong pulsa dan voucher isi ulang pulsa XL, Rabu (26/3/2014).

Melalui layanan ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan pengisian kredit game dengan pemotongan pulsa, bahkan tanpa perlu memiliki nomor XL. Layanan XKoin dapat diakses dengan cara mengirim SMS atau mengakses situs web resmi XL.

“Kami melihat perkembangan industri game online yang pesat sebagai peluang dan sarana terbaik untuk mendekatkan XL dengan pecinta game, sekaligus untuk mewujudkan komitmen XL dalam mengembangkan layanan digital entertainment,” kata Dian Siswarini, Direktur Teknologi & Layanan Digital XL Axiata.

XL memprediksi ada sekitar 25 juta orang di Indonesia yang gemar memainkan game online. Dalam permainan game online, pengguna kerap membeli konten digital dalam aplikasi untuk membeli senjata, poin, nyawa, hingga peta petualangan.

Saat ini, menurut XL, ada sekitar 80 persen pengguna game online yang mendapatkan kredit game dari voucher fisik dan sisanya dari internet banking serta kartu kredit. Nah, layanan XKoin ini diharapkan bisa memberi kemudahan kepada pengguna dalam memanfaatkan saldo pulsa XL.

Berdasarkan data IDC pada 2013, total pendapatan industri game bisa mencapai 150 juta dollar AS di mana 60 persen di antaranya berasal dari game berbasis komputer pribadi, 36 persen berasal dari game sosial (termasuk dari game di Facebook), dan 4 persen dari game berbasis perangkat mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com