Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal SanDisk Ultra Dual USB Drive

Kompas.com - 28/03/2014, 14:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai cara untuk memindahkan file dari satu perangkat Android ke yang lainnya, mulai dari koneksi Bluetooth, WiFi Direct, hingga melalui e-mail dan aplikasi pesan instan. Hal ini relatif mudah dilakukan, apalagi Android memiliki opsi "share" yang gampang diakses selagi menelusuri file dan folder.

Namun bagaimana jika file yang bersangkutan berukuran besar, mencapai ratusan, atau bahkan ribuan megabyte seperti video, musik, atau foto dalam jumlah banyak? Dalam skenario ini, transfer file secara wireless bakal memakan waktu lama.

oik yusuf/ kompas.com Kotak kemasan SanDisk Ultra Dual USB Drive

Nah, cara yang praktis untuk memindahkan file berukuran besar/berjumlah banyak dari perangkat Android adalah dengan memakai perangkat USB flash drive yang memiliki konektor micro-USB.

Sistem operasi dan sebagian besar perangkat Android memang mendukung fungsi USB On the Go (OTG) untuk keperluan ini.

Salah satu produsen media penyimpanan yang menawarkan produk USB drive yang kompatibel dengan smartphone adalah Sandisk melalui Ultra Dual USB Drive.

Perangkat ini merupakan flash drive USB OTG yang ukurannya sebanding dengan flash drive biasa.

Ultra Dual USB Drive memiliki dua jenis konektor, yaitu USB 2.0 tipe A standar (untuk PC) dan USB 2.0 Micro B (untuk smartphone).

 

oik yusuf/ kompas.com
SanDisk Ultra Dual USB Drive memiliki dua jenis konektor yang tergabung dalam satu kemasan, yaitu USB 2.0 tipe A standar untuk koneksi PC dan USB 2.0 Micro B untuk koneksi ke smartphone/ tablet.

Masing-masing konektor ditempatkan di sisi yang berlawanan dan hanya satu buah konektor yang bisa dipakai dalam satu waktu. Konektor yang sedang tidak dipakai bisa ditutup dengan cover terintegrasi yang meminimalisir resiko kehilangan penutup.

Dengan dua jenis konektor tersebut, Ultra Dual USB Drive bukan hanya bisa dipakai memindahkan data antar perangkat Android seperti smartphone dan tablet, namun juga PC desktop, notebook, ataupun perangkat lain yang memiliki port USB.

oik yusuf/ kompas.com
Dua jenis konektor USB pada SanDisk Ultra Dual USB Drive dilindungi penutup terintegrasi. Hanya salah satu konektor yang bisa dipakai dalam satu waktu

Cara memakainya sederhana saja. Pengguna tinggal menancapkan Ultra Dual USB Drive ke port micro-USB perangkat Android yang mendukung USB OTG dan flash drive ini akan langsung dikenali.

Transfer file bisa dilakukan dari dan ke flash drive dengan memakai aplikasi file manager yang banyak tersedia di Google Play.

oik yusuf/ kompas.com
SanDisk Ultra Dual USB Drive saat digunakan bersama Xperia Z2 dari Sony

SanDisk juga menyediakan aplikasi file manager bernama Memory Zone yang bisa dipakai mengakses semua media penyimpanan di smartphone/ tablet Android (memori internal, micro-SD, flash drive).

Setelah selesai, pengguna bisa melakukan "safe remove"  melalui notification panel Android untuk melepas Ultra Dual USB Drive dengan aman.  Memakai Ultra Dual USB Drive dengan komputer pun sama mudahnya karena perangkat ini akan berlaku seperti flash drive standar.

oik yusuf/ kompas.com
Tampilan aplikasi file manager SanDisk Memory Zone

Ultra Dual USB Drive pun membuat proses transfer data antar-perangkat Android dan PC menjadi sangat mudah dilakukan, lebih praktis ketimbang memakai kabel USB yang hanya bisa disambungkan ke PC. Pengguna, misalnya, bisa memindahkan file APK aplikasi yang berukuran besar dengan gampang.

Namun, proses transfer file yang berukuran sangat besar memerlukan waktu beberapa lama karena Ultra Dual USB Drive hanya mendukung interface USB 2.0. Ini tak aneh karena hampir semua perangkat mobile Android memang baru memiliki dukungan USB (OTG) 2.0.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com