Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Wallpaper Windows XP dan Penyesalan Fotografer

Kompas.com - Diperbarui 26/10/2021, 14:12 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber smh.com.au

KOMPAS.com — Oktober tahun ini, sistem operasi Windows XP genap berusia 20 tahun sejak perilisannya pada 2014 silam. Satu hal yangmembekas dari OS Microsoft itu adalah wallpaper/background foto di desktop-nya.

Bukit hijau, langit biru, dan awan putih yang menggantung sudah menjadi pemandangan yang umum dijumpai di layar komputer Windows XP. Pengguna PC dengan sistem operasi tersebut pasti familiar dengan wallpaper default yang mempunyai nama "Bliss" tersebut.

Foto background bukit hijau awan biru tersebut diambil oleh fotografer Charles O'Rear saat berkendara dari wilayah Napa ke Sonoma di California, Amerika Serikat, pada 1996 silam.

Baca juga: 20 Tahun Windows XP dan Kenangannya, dari Suara hingga Serial Number Bajakan

Saat berkendara, O'Rear melihat pemandangan yang menarik perhatiannya. Ia lalu berhenti dan mengeluarkan kamera medium-format Mamiya RZ67. Lalu "jepret!" jadilah foto pemandangan yang legendaris tersebut.

O'Rear mengaku foto tersebut diambil seperti apa adanya, tanpa sentuhan aplikasi pengolah foto. Foto tersebut pun menarik perhatian Microsoft, dan menjadikannya sebagai wallpaper default Windows XP saat diluncurkan pada 2001.

Mengaku kecewa

O'rear mengaku kecewa dengan keputusannya menjual foto tersebut kepada Microsoft.

Pasalnya, foto pemandangan yang ia abadikan tadi dibeli oleh Microsoft dengan kesepakatan sekali bayar, alih-alih menggunakan sistem lisensi.

"Andai saya tahu kalau foto tersebut akan populer, dan tahu jumlah komputer yang menggunakannya, pasti saya akan negosiasi tentang persetujuannya (yang lebih baik)," ujar O'Rear seperti dikutip Sydney Morning Herald, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: Cara Download Windows 11 Tanpa Perlu Menunggu Update

"Kesepakatannya bukan berdasar royalti, melainkan hanya seperti 'ini bayaran untuk foto kamu, terima kasih dan kami akan memasangnya di komputer'," demikian cerita O'Rear.

Kekecewaan O'Rear memang bisa dimaklumi karena, menurut perhitungan ahli teknologi, wallpaper Windows XP tersebut hingga saat ini telah dilihat oleh lebih dari 1 miliar kali.

Baca juga: Cerita Foto Kerupuk Rambak di Akun Instagram Apple, Jepretan Fotografer Semarang

Jika Windows XP sampai terjual 1 miliar kopi, dan Microsoft membayar O'Rear satu persennya saja, maka pendapatan O'Rear akan mencapai 10 juta dollar AS dari foto background Windows XP itu.

O'Rear sendiri kini telah berusia 79 tahun. Sepanjang kariernya menjadi fotografer, yakni selama lebih kurang 36 tahun, foto-fotonya telah dimuat di berbagai terbitan terkenal, seperti Los Angeles Times dan National Geographic. Dia pun terlibat dalam berbagai proyek dokumentasi besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber smh.com.au


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com